25 Agu 2014

Cara memperbaiki aki kering / basah yang soak / lemah menggunakan obat sakit kepala bodrex dan tidak berhasil

Selama ini saya biasa membeli aki baru setiap aki kendaraan saya soak, lemah. Biasanya aki lama aku taruh di depan rumah, nanti akan ada pemulung yang datang membeli aki ini. Bahkan pernah juga dari karyawan toko yang membeli kembali aki yang sudah rusak ini

Lantas buat apa aki ini?
Awalnya saya menganggap bahwa aki rusak ini akan dibeli lagi oleh pabrikan.
Ternyata dugaan saya banyak melesetnya, setidaknya yang saya tahu sejauh ini.
Dari berbagai info ternyata aki ini lari ke penjual aki bekas. Mereka biasa jual beli aki bekas, atau tukar tambah aki lama anda yang sudah soak dengan aki baru atau bekas juga milik mereka.
Begitu menjamurnya tukang jual aki bekas membuat saya penasaran, seberapa sulitkah menghidupkan aki soak atau lemah?
Dari ngobrol ngobrol dengan teman, browsing via mbah google, dan hasil uji coba didapat penjelasan ilmiah maupun model awur awuran.

Cara lumayan serius
Menggunakan bahan kimia EDTA (ethylene diamine tetra acetic acid) yang dapat melarutkan garam komplex sulfat , elektroda aki yang kelihatan berkerak perlu ditambahkan bubuk EDTA sedikit banyaknya tergantung dari tingkat keasaman air aki. Dibutuhkan alat hidrometer untuk mengukur kadar asam dan berat jenis aki yang ada indikatornya warna hijau berarti kurang, putih normal, atau merah batas maksimum. Harga bubuk EDTA berkisar diatas 50 ribu per kilo yang hanya dijual di toko kimia.

Cara awur awuran bin gebleg
Menggunakan obat sakit kepala Bodrex
Bagi yang kesulitan untuk menemukan toko kimia di lingkungan sekitar tempat tinggal anda, tidak perlu bingung karena masih ada cara lain yakni menggunakan obat sakit kepala Bodrex.

Bahan yang perlu disiapkan
1. Aki (ya pasti dong)
2. ETDA atau bodrex
3. Accu zuur (air aki yg dipakai isi aki untuk pertama kali. biasanya tutup warna merah, jangan keliru dengan air aki ya gan)
4. Alat suntik bekas printer, baru juga boleh. intinya buat menakar jumlah air aki

Langkah langkah
1. Lepas Aki dari motor / mobil Anda
2. Buang air dari dalam setiap sel aki
3. Bersihkan aki dengan air panas. kocok kocok hingga bersih (air berwarna bening, tidak keruh ).
4. Masukkan air aki ke dalam aki.
5. Tutup botol dan kocoklah sepuasnya, lalu buang airnya
6. Masukkan air aki ke dalam aki. kali ini gunakan bantuan suntikan printer untuk menakar jumlah air yg dimasukkan
7. Masukkan tablet Bodrex yang sudah dilumatkan ke dalam botol. saya menggunakan dosis 1/2 tablet untuk setiap sel aki (aki motor 12V 5AH). untuk ukuran aki lainnya silahkan disesuaikan dosisnya.
8. Silahkan charge aki anda (gak dicharge juga gak papa. toh pada kendaraan anda juga ada chargernya. saya sendiri juga tidak melakukannya)
9. Pasang Aki ke motor / mobil Anda.
10. Coba performanya. Kendaraan bisa dicoba digunakan selama beberapa jam/hari.


Hasil tidak memuaskan?, tidak memperoleh hasil yang memuaskan?. eit, jangan buru buru vonis gagal ya gan.
Tips saya lanjutkan.
Langkah langkah diatas biasanya yang dilakukan kalau agan agan membaca via mbah google. semua bermuara pada langkah yang saya, dimana sudah saya lakukan dan TIDAK berhasil.
memang ada teman yang berhasil. Lantas mana nih yang salah?
gak ada yang salah mungkin gan. kasus diatas mungkin cocok buat aki yang relatif baru dimana kotoran tidak begitu banyak. kalau kotoran banyak??

Begini ya gan. larutan ETDA atau bodrex digunakan untuk melarutkan / merontokkan kotoran yang menempel pada elektroda. jadi kalau  kotoran sudah rontok ya mestinya dibuang. jangan tetep disimpan di aki.
Jadi langkah di atas saya tambahi (kusus agan yg kecewa cara di atas belum berhasil)
Ulangi saja proses di atas mulai no 1 s/d 6. dan kali ini tanpa nambah ETDA atau bodrex
Dengan cara ini aki agan sudah seperti aki normal pada umumnya. hanya menggunakan accu zuur tanpa tambahan zat additif semacam ETDA ataupun bodrex.
Dan akhirnya. tadaa. saya berhasil, semoga agan agan juga berhasil.


Hanya buat aki basah?
gak juga sih gan.
Langkah di atas memang buat aki basah. gimana kalau aki kering?
Gini gan. Sebenarnya aki kering secara umum dikelompokkan menjadi 2. Tetap menggunakan air yang sealed, atau menggunakan gel (jel).
Kalau aki menggunakan air yang sealed berarti cara ini juga bisa dilakukan. kalau gak tahu akinya jenis yang mana? ya anggap aja menggunakan air.
Gimana caranya.

Cara ya tentunya sama saja.
Yang membedakan hanya cara membuka tutup aki saja.
Jadi cobalah periksa dengan teliti pada sisi atas aki. Akan agan temukan sambungan tutup. kalau di atas gak ketemu ya di samping.
Periksa dengan teliti. Coba buka bagian ini menggunakan alat tipis sejenis cutter dll.
Setelah terbuka akan ditemukan beberapa tutup karet(bentuk bisa beda2. tutup bisa numpang di sealnya). pastikan aja jumlah tutup adalah 1/2 kali tegangan. jadi kalau aki 12 akan ada 6 tutup.
Kalau sudah bisa membuka berarti masalah selesai ya gan. Nutupnya gak perlu dijelaskan lagi kan.
Semoga bermanfaat


53 komentar:

  1. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  2. wah keren caranya, klo masih tidak berhasil bodrexnya bisa diminum trus beli aki baru :D

    BalasHapus
  3. untuk accu kering nya di isi apa gan??

    BalasHapus
  4. waduhhhhhhh aku jdi takut minum bodrex... lha sealed aki aja kotoranya rontok, gimana organ tubuh kita... waduuuuuuhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk emang u minum bodrex pake AER AKI juga ? hahaha Jago nie orang :v wkwkwk

      Hapus
    2. Wkakakkaka hayalan tingkat tinggi

      Hapus
  5. sip gan mantaf hemat biaya dong

    BalasHapus
  6. sy punya aki basah 60 ampere (bekas), pas dichek di toko khusus aki & shock breaker ternyata kondisi kesehatannya hanya tinggal 70 %, proses pengisian jg msh normal katanya.
    tp masalahnya kalo dipake maen musik pas waktu mesin mati cm bertahan 15 menit & langsung gak bs start mobilnya.
    apa harus dicoba cara ini?
    makasih atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya merespon apa yg bapak sampaikan. Pengalaman pribadi saya. Axi mobil saya lemah, bisa di bilang ngedrop karena starter mobil saya cangkok dan jadi, aktif mesin sekitar satu jam, begitu saya starter gak ngangkat mesinnya, lampu indikator langsung low. Kemudian saya dorong dan hidup kembali. Begitu sampai di warung pinggir jalan saya kasih bodrek bulat atau tablet dalam keadaan mobil mesin on. Satu tutup saya kasih satu biji tanpa saya leburkan langsung saya celupkan secara utuh. Pengecekan kadar air axi normal. Kemudian saya lanjutkan perjalanan. Hasilnya berlanjut bagus dan sekarang axi saya kembali aktif dan keadaan normal.

      Hapus
  7. Terimakasih informasninya gan, semoga bermanfaat.

    visit : http://www.rajalistrik.com/

    BalasHapus
  8. itulah okenya bodrex bisa ditenggak sesuka anda .... wkwkwk

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. saya siap nrima aki bekasnya gan.dengan harga tinggi

      Hapus
    2. saya siap nrima aki bekasnya gan.dengan harga tinggi

      Hapus
  10. bukan ETDA tapi EDTA kebalik ohm....., itu singkatan dari "asam Etilen Diamin Tetra Asetat".....

    BalasHapus
  11. barang kali agan2 punya aki bekas.saya siap membeli aki bekas/soak dengan harga tinggi gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ada 2 om, berani berapa? Hubungi email saya di hasanahn48@gmail.com

      Hapus
  12. barang kali agan2 punya aki bekas.saya siap membeli aki bekas/soak dengan harga tinggi gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. akan lebih baik kalau mencantumkan alamat / lokasi
      mengingat aki termasuk berat (ongkir mahal)
      sehingga pembaca bisa langsung mengantar ke lokasi anda

      Hapus
  13. Saya beli aki segala merk 2A=2000 call 087786783742

    BalasHapus
  14. Sorry salah ketik 1A = 2000
    Jadi kalo aki 45A = 90.000
    Thanks call 087786783742

    BalasHapus
    Balasan
    1. akan lebih baik kalau mencantumkan alamat / lokasi
      mengingat aki termasuk berat (ongkir mahal)
      sehingga pembaca bisa langsung mengantar ke lokasi anda

      Hapus
  15. Bener banyak salah kaprah accu basah accu MF sama accu kering seperti bateri senter atau Handphone...

    BalasHapus
  16. Terima kasih masukannya , bermanfaat untuk accu biasa dan accu MF, tapi kalau accu kering gimn caranya,?

    BalasHapus
  17. Itu bodrexnya langsung di masukin/di gerus dulu/gimana?

    BalasHapus
  18. ini saya lagi mencoba, 10X kocok air akinya blum juga bening, entar dikabari hasilnya yang top markotop

    BalasHapus
  19. Klo beli aki kering yg bekas berapa harganya sob. Ato klo di chrger lg biayanyberapa y?

    BalasHapus
  20. Aki mobil saya lemah, saya gerus bodrek aja 1 butir tiap lubang aki...
    Tanpa kuras, lumayan bertahan sampai hari ini sdh 6 bulan....

    Owh iya kalau buat aki mobil/motor anak kudu pakai bodrexin ya...jangan bodrex....
    Just kidding...

    BalasHapus
    Balasan
    1. super sekali bang Ano ini. ha ha
      sampai ketemu lagi dengan saya sahabat sahabatku yg super....
      salam bodrex

      Hapus
    2. Mau tanya yg ampuh bodrex type apa soalnya bnyak obat bodrex type sakit kepala yg manjur ke aki type apa saya mau beli juga nih

      Hapus
    3. Bodrex mograin om. Saya kalo pusing minum itu manjur om.

      Hapus
  21. Bisa2 apotek pada demo nih krn bodrex langka diborong habis dgn tukang insinyur aki..hehehe, btw setelah aki dicekoki bodrex harus dicharger dulu atau langsung tokcer bisa dipakai ya gan....

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Posting an yg muantap deh.. Terimakasih yg posting, salam vortex....

    BalasHapus
  24. Kalau sudah tiada baru terasa gan

    BalasHapus
  25. yg sudah mencoba pada berhasil gak?

    BalasHapus
  26. Masukkan komentar Anda...mantep gan saya pernah pratekin cara agan itu di atas...all hasill aki motor saya mntap hampir sthun blum ..drop lgi...

    BalasHapus
  27. setelah d masukan bodrex bs langsung d pake..atau tunggu brp waktu

    BalasHapus
  28. bodrex obat sakit kepala emang akinya sakit heeeee...

    BalasHapus
  29. Selain bodrex bisa gak..??
    Spt panadol, inza, atau sejenisnya...??

    BalasHapus