25 Agt 2014

Cara memperbaiki aki kering / basah yang soak / lemah menggunakan obat sakit kepala bodrex dan tidak berhasil

Selama ini saya biasa membeli aki baru setiap aki kendaraan saya soak, lemah. Biasanya aki lama aku taruh di depan rumah, nanti akan ada pemulung yang datang membeli aki ini. Bahkan pernah juga dari karyawan toko yang membeli kembali aki yang sudah rusak ini

Lantas buat apa aki ini?
Awalnya saya menganggap bahwa aki rusak ini akan dibeli lagi oleh pabrikan.
Ternyata dugaan saya banyak melesetnya, setidaknya yang saya tahu sejauh ini.
Dari berbagai info ternyata aki ini lari ke penjual aki bekas. Mereka biasa jual beli aki bekas, atau tukar tambah aki lama anda yang sudah soak dengan aki baru atau bekas juga milik mereka.
Begitu menjamurnya tukang jual aki bekas membuat saya penasaran, seberapa sulitkah menghidupkan aki soak atau lemah?
Dari ngobrol ngobrol dengan teman, browsing via mbah google, dan hasil uji coba didapat penjelasan ilmiah maupun model awur awuran.

Cara lumayan serius
Menggunakan bahan kimia EDTA (ethylene diamine tetra acetic acid) yang dapat melarutkan garam komplex sulfat , elektroda aki yang kelihatan berkerak perlu ditambahkan bubuk EDTA sedikit banyaknya tergantung dari tingkat keasaman air aki. Dibutuhkan alat hidrometer untuk mengukur kadar asam dan berat jenis aki yang ada indikatornya warna hijau berarti kurang, putih normal, atau merah batas maksimum. Harga bubuk EDTA berkisar diatas 50 ribu per kilo yang hanya dijual di toko kimia.

Cara awur awuran bin gebleg
Menggunakan obat sakit kepala Bodrex
Bagi yang kesulitan untuk menemukan toko kimia di lingkungan sekitar tempat tinggal anda, tidak perlu bingung karena masih ada cara lain yakni menggunakan obat sakit kepala Bodrex.

Bahan yang perlu disiapkan
1. Aki (ya pasti dong)
2. ETDA atau bodrex
3. Accu zuur (air aki yg dipakai isi aki untuk pertama kali. biasanya tutup warna merah, jangan keliru dengan air aki ya gan)
4. Alat suntik bekas printer, baru juga boleh. intinya buat menakar jumlah air aki

Langkah langkah
1. Lepas Aki dari motor / mobil Anda
2. Buang air dari dalam setiap sel aki
3. Bersihkan aki dengan air panas. kocok kocok hingga bersih (air berwarna bening, tidak keruh ).
4. Masukkan air aki ke dalam aki.
5. Tutup botol dan kocoklah sepuasnya, lalu buang airnya
6. Masukkan air aki ke dalam aki. kali ini gunakan bantuan suntikan printer untuk menakar jumlah air yg dimasukkan
7. Masukkan tablet Bodrex yang sudah dilumatkan ke dalam botol. saya menggunakan dosis 1/2 tablet untuk setiap sel aki (aki motor 12V 5AH). untuk ukuran aki lainnya silahkan disesuaikan dosisnya.
8. Silahkan charge aki anda (gak dicharge juga gak papa. toh pada kendaraan anda juga ada chargernya. saya sendiri juga tidak melakukannya)
9. Pasang Aki ke motor / mobil Anda.
10. Coba performanya. Kendaraan bisa dicoba digunakan selama beberapa jam/hari.


Hasil tidak memuaskan?, tidak memperoleh hasil yang memuaskan?. eit, jangan buru buru vonis gagal ya gan.
Tips saya lanjutkan.
Langkah langkah diatas biasanya yang dilakukan kalau agan agan membaca via mbah google. semua bermuara pada langkah yang saya, dimana sudah saya lakukan dan TIDAK berhasil.
memang ada teman yang berhasil. Lantas mana nih yang salah?
gak ada yang salah mungkin gan. kasus diatas mungkin cocok buat aki yang relatif baru dimana kotoran tidak begitu banyak. kalau kotoran banyak??

Begini ya gan. larutan ETDA atau bodrex digunakan untuk melarutkan / merontokkan kotoran yang menempel pada elektroda. jadi kalau  kotoran sudah rontok ya mestinya dibuang. jangan tetep disimpan di aki.
Jadi langkah di atas saya tambahi (kusus agan yg kecewa cara di atas belum berhasil)
Ulangi saja proses di atas mulai no 1 s/d 6. dan kali ini tanpa nambah ETDA atau bodrex
Dengan cara ini aki agan sudah seperti aki normal pada umumnya. hanya menggunakan accu zuur tanpa tambahan zat additif semacam ETDA ataupun bodrex.
Dan akhirnya. tadaa. saya berhasil, semoga agan agan juga berhasil.


Hanya buat aki basah?
gak juga sih gan.
Langkah di atas memang buat aki basah. gimana kalau aki kering?
Gini gan. Sebenarnya aki kering secara umum dikelompokkan menjadi 2. Tetap menggunakan air yang sealed, atau menggunakan gel (jel).
Kalau aki menggunakan air yang sealed berarti cara ini juga bisa dilakukan. kalau gak tahu akinya jenis yang mana? ya anggap aja menggunakan air.
Gimana caranya.

Cara ya tentunya sama saja.
Yang membedakan hanya cara membuka tutup aki saja.
Jadi cobalah periksa dengan teliti pada sisi atas aki. Akan agan temukan sambungan tutup. kalau di atas gak ketemu ya di samping.
Periksa dengan teliti. Coba buka bagian ini menggunakan alat tipis sejenis cutter dll.
Setelah terbuka akan ditemukan beberapa tutup karet(bentuk bisa beda2. tutup bisa numpang di sealnya). pastikan aja jumlah tutup adalah 1/2 kali tegangan. jadi kalau aki 12 akan ada 6 tutup.
Kalau sudah bisa membuka berarti masalah selesai ya gan. Nutupnya gak perlu dijelaskan lagi kan.
Semoga bermanfaat