16 Apr 2012

Kompor Induksi, Cara Kerja, kelebihan dan kekurangan


Cara Kerja Kompor Induksi

  • Kalau kawat konduktor dialiri arus listrik, maka di sekelilingnya akan terbentuk
    garis gaya magnet.
  • Jika kawat konduktor itu dibentuk kumparan dan di dekatnya diletakkan materi
    yang dapat menghantarkan listrik (biasanya logam), maka logam tersebut akan
    menerima pengaruh garis gaya magnet lalu di dalam logam tersebut akan mengalir arus eddy
  • Nah, setiap logam biasanya memiliki hambatan listrik, dan arus yang mengalir dalam logam tersebut akan menghasilkan joule heating sebesar P = I^2 × R,
    dimana P adalah daya, I untuk arus, dan R untuk hambatan, daya inilah yang keluar sebagai panas dan proses yang berlangsung dinamai pemanasan lewat induksi.




Kelebihan Kompor Induksi:
 

1. Bertenaga (Powerful) dan Efisien
Pada kompor IH, energi yang terbuang hampir tidak ada, pengubahan energi listrik ke panas berlangsung dengan efektif. Sehingga dengan daya listrik lebih kecil, kompor IHmampu mendidihkan air lebih cepat dari kompor gas. Tapi, jika dibandingkan dengan sistem pembakaran seperti pada kompor gas yang menyebabkan daerah sekeliling panci juga ikut panas, sistem IH hanya memanaskan daerah sekitar alas. sehingga akan ada beberapa jenis masakan yang kurang cocok jika menggunakan sistem IH ini. kesimpulannya adalah: efektifitas panas yang dihasilkan di sini tidak selalu disertai dengan efektifitas dalam proses memasak.

2. Tidak mengeluarkan api

Berbeda dengan pemanasan yang menggunakan api, sistem IH yang tidak menggunakan api ini menghasilkan kemungkinan terjadi kecelakaan luka bakar yang rendah dan tingkat keamanan yang tinggi. selain itu, proses ini juga tidak memanaskan udara di sekitarnya, sehingga orang yang sedang berada di dekat alat masak IH tidak akan merasa kepanasan.

3. Mudah dalam mengatur temperatur

Melalui pengaturan jumlah arus listrik yang mengalir di kumparan, tingkat kepanasan IH dapat dengan mudah disesuaikan dengan panas yang dibutuhkan.

4. Tingkat keamanan yang tinggi

Hal ini sesuai dengan keuntungan nomer 2 di atas, karena tidak mengeluarkan api resiko luka bakar hampir tak ada. Resiko kebakaran karena jilatan api yang menari-nari karena angin jugabisa dikatakan mendekati nol. Selain itu, dalam keadaan kumparan teraliri arus listrik, permukaan IH tidak akan terasa panas jika disentuh dengan jari yang hanya akan teraliri listrik dalam jumlah kecil (dalam kondisi tidak sedang menggunakan logam seperti cincin, gelang, dkk). Tidak adanya proses pembakaran menyebabkan tidak adanya risiko terjadinya kekurangan oksigen dalam ruangan. Tapi ingat, menyentuh panci, wajan atau alat masak dalam keadaan panas tentu saja bisa menyebabkan luka bakar loh.

5. Ekonomis

Dengan kemampuan tak jauh berbeda dengan kompor gas, kompor IH memerlukan lebih sedikit energi untuk keperluan yang sama sehingga tagihan listrik juga lebih murah. Selain ramah lingkungan, kompor ini juga ramah dompet.

6. Kompor Tetap Dingin

Adapun pada kompor induksi, energi listrik digunakan untuk menciptakan medan magnet, yang menginduksi wajan atau panci. Akibat induksi magnetik, molekul saling bertabrakan pada frekuensi tinggi. Friksi antarmolekul ini menciptakan panas secara cepat.

Di sini terlihat panci atau wajan itu sendiri yang berfungsi sebagai elemen pemanas. Ini lebih efisien karena memintas jalur perpindahan energi. Keunggulan lain, permukaan kompor tetap dingin saat digunakan. Yang memanas hanya wajan atau panci yang digunakan untuk memasak. Lebih aman, karena itu memperkecil risiko luka bakar akibat keteledoran pemakaian.
Berapa catu daya yang dibutuhkan? Relatif tinggi; bisa mencapai 1.700 watt. Namun itu bisa diatur hingga batas minimal 200 watt; meski durasi memasak menjadi lebih lama.

Sayangnya tak sembarang panci bisa digunakan. Perkakas dari aluminium, stainless steel, atau tembaga tak bereaksi terhadap medan magnet sehingga mesti dipensiunkan bila memutuskan beralih ke kompor teknologi baru ini. Biasanya kompor induksi dijual satu paket dengan wajan atau panci yang bersifat "ferromagnetik" seperti baja, besi, atau logam lain.

Meskipun demikian, jangan buru-buru membuang perkakas bekas. Bisa jadi panci lama masih berguna. Untuk mengujinya, dekatkan sebatang magnet pada panci. Jika menempel, berarti bisa digunakan pada kompor induksi meski efisiensinya mungkin lebih kecil.


Perbandingan efisiensi tabung gas VS kompor induksi,

Perhitungan penggunaan tabung gas
1 tabung gas 12 kg harga : Rp.80.000,-/tabung
1 tabung bisa di pakai s/d 60 jam
Pemakaian dalam 1jam = Rp.80.000,- / 60jam = Rp.1350,-/jam

Perhitungan penggunaan kompor Induksi
(TDL terbaru : Rp.793,-/kwh)
Pemakaian 500watt / jam
Pemakaian 1jam x 500watt = 500watt / 0,5kwh
Biaya = 0,5kwh x Rp.793 = Rp.396,5/jam
sumber: dari berbagai sumber

38 komentar:

  1. wah irit ya gan kalo pake ini.. ckckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. manfaat yang saya peroleh setelah menggunakan kompor induksi
      1. aman
      2. praktis
      3. cepat (jauh lebih cepat daripada pakai gas)
      4. irit (belum membuktikan sih, tapi saya percaya aja sama data yg dipaparkan para ilmuwan)

      Hapus
  2. sebaiknya ditambah lagi perbandingan antara kompor induksi dengan ricecooker. Soalnya ricecooker juga prinsipnya menaruh panci di atas sumber energi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oya lupa, nama saya UFO

      Hapus
  3. ....sehingga akan ada beberapa jenis masakan yang kurang cocok jika menggunakan sistem IH ini.

    Mohon disebutkan. Saya berminat.

    BalasHapus
  4. ada perbedaan antara ricecooker dan kompor induksi
    pada ricecooker, listrik memanaskan nikelin yang terpasang di body lingkaran bawah panci. sehingga alat ini harus memanaskan elemen kompor dulu, baru kemudian panas ini disalurkan ke panci. berarti ada sisa energi panas yg sia sia pada kompor
    pada kompor IH, yang dipanaskan bukanlah kompornya, tetapi langsung pancinya sendiri melalui metode induksi. dengan konsep ini maka pemakaian listrik lebih efisien karena energi listrik tidak perlu diubah panas dahulu baru kemudian ditransfer ke panci, tetapi kompor IH langsung mentransfer energi listrik ke panci melalui sistem induksi arus edi, sementara kompor tetap dingin

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, setelah sekian lama menggunakan kompor induksi saya menemukan menghematan yang walaupun mungkin tidak significan tetapi lumayanlah, selain keuntungan aman (tidak resiko meledak, panas dll) praktis (gak perlu repot ganti gas)
    sebelum pakai kebutuhan gas adalah 5 tabung 3kg/bulan
    awal pakai kebutuhan gas turun menjadi 3 tabung 3kg/bulan, tambahan biaya listrik 15 ~ 20rb/bulan
    saat ini kebutuhan gas turun lagi menjadi 2 tabung 3kg/bulan, tambahan biaya listrik naik lagi menjadi 20 ~ 30rb/bulan
    listrik terpasang 1350
    penghematan di awal pemakaian adalah harga gas - harga listrik = 30-20=10rb/bulan
    penghemataan saat ini 45rb-30rb=15 rb / bulan
    kalau listriknya 900va pasti lebih hemat lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau listrik di rumah cuma 450 VA, masih bisa pakai kompor IH nggak ya ?

      Hapus
    2. saya sarankan untuk tidak menggunakannya
      rata rata rumah tangga yang menggunakan listrik 450, faktanya pemakaiannya sudah full digunakan untuk TV, penerangan, kulkas, sehingga paling hanya punya daya tersisa <200va
      bahkan seringkali tidak mampu apabila ada kegiatan mencuci atau menyeterika
      apabila beban listrik yang udah mepet ini masih akan dibebani dengan kompor IH, tentunya menjadi sangat tidak nyaman

      Hapus
  6. Saya temennya UFO

    BalasHapus
  7. secara ... sudah ada temuan terbaru untuk kompor magnet dengan daya yg amat rendah (sekitar 20 Watt) disamping itu harga juga murah sekitar 200 ribu - 400 tergantung model dan banyaknya tungku pemanas. cocok untuk perumahan yg daya listriknya rendah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kompor magnet ???
      dimna dapatnya gan??

      call me :089674507327

      Hapus
  8. Berarti kalo rumah dg daya 450 watt bisa dong gan? Beli dimana?

    BalasHapus
  9. Aku punya kompor induksi........tapi gak semua panci bisa..apalagi penggorengan gak ada yg cocok.......padahal mau buat cadangan kalo gas habis tengah malam. ada saran penggorengan apa yg bisa dipake?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan menggunakan magnit bisa dipakai untuk mengetahui apakah panci/penggorengan bisa dipakai di kompor induksi. Jika magnet bisa menempel pada panci atau alat masak yg lain maka bisa dipakai di kompor induksi.

      Hapus
  10. saya ada panci, penggorengan, penanak nasi dll yang semuanya bisa buat kompor induksi. karena saat ini juga semakin mudah mencari peralatan yg bisa buat kompu induksi
    saya lihat di supermarket banyak kok
    silahkan cari yg berbahan stainless

    BalasHapus
  11. salam smua... ikut nimbrung ya..
    sy udin, juga tertarik dgn kompor baru ini: aman, efisien, cepat, tanpa emisi dst.
    yg jadi kekurangan mungkin harga di pasaran yg lebih mahal dr kompor biasa, lbh fragile, panci harus terbuat dr bahan tertentu (kl gak salah STAINLESS dan ALMUNIUM - mhn di cek lg), dan slain itu kl dilihat dr ukurannya agak sulit untuk memasak dlm jumlah besar (susah dibayangkan meletakkan panci besar diatas kompor yg kecil:bisa gepeng kan?).
    bener gak bapak ibu skalian?
    hehe

    BalasHapus
  12. secara harga, kompor induksi saat ini sudah tidak lebih mahal dari kompor gas
    harga kompor gas 250rb + regulator dan selang 75rb + tabung 3 kg 125rb = 450rb
    sedangkan harga kompor induksi jualan saya hanya 350rb, atau kalau mau yg versi tombol sentuh + bonus panci hanya 450rb saja

    dari sisi keamanan juga pasti lebih aman tanpa resiko meledak sebagaimana kompor gas

    salah satu kendala kompor induksi adalah pemakaian listrik, dimana masih banyak rumah tangga yg menggunakan listrik kapasitas 450VA, dengan daya sebesar ini tentunya sangat tidak nyaman karena listrik mudah "njeglek"

    kendala lainnya adalah pada umumnya kita berpikiran gas hemat dan murah, listrik mahal, padahal belum mencoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kompor indukasi harga 350rb.
      boleh di upload gambarnya bu/pa??
      sapatw cocok n bisa jadi agen.
      hee..... :)

      call: 089674507327

      Hapus
    2. saya tertarik tolong kirim gambarnya k hendro.arsitek@gmail.com + harganya

      Hapus
    3. Saya mau dong. Mohon dikirim / upload gambarnya siapa tahu, selain Mas Karjo, saya juga bisa jadi agen.
      Telp saya : 081232937669
      E-mail : ketutsumija@ymail.com

      Hapus
    4. saat ini saya sudah tidak ada stok lagi. mungkin masih lama dapat barang lagi. mungkin bisa searching di internet

      Hapus
  13. kalo 900va kuat ga ya?

    BalasHapus
  14. kalau 900VA ok. ini adalah kondisi pemakaian listrik tarif paling murah yang masih nyaman.
    dengan listrik 900VA, maka penghematan yang diperoleh bisa maksimal

    BalasHapus
  15. kalo dibarengi ma kulkas dispanser 'njegleg' ga ya?

    BalasHapus
  16. yg bnr yg mana sih utk bahn alat dapurnya yg bs utk kompor induksi? diata s dibilang ga bs kl bhnnnya dr almunium n stanless steel tp dikomen lainnya boleh.... yg mana yg bnr gan??? membigungkan

    BalasHapus
  17. bahan almunium gak bisa
    kalau stainless bisa
    panci model kuno yang dicat itu juga bisa
    sekarang banyak sekali alat masak yang sudah bisa digunakan di kompor ini
    seperti panci, wajan, teko, ceret, dll

    BalasHapus
  18. di ace ardware banyak kok jual panci n wajan yg bs utk kompor induksi...

    BalasHapus
  19. boleh tau beli kompor IH + panci dan wajan dimana?

    BalasHapus
  20. kayaknya untuk anak kos bagus juga nih, kalo anak kos kan bayaran perbulanya udah termasuk listrik dan air.

    BalasHapus
  21. saya kok mahal ya hampir 1,5 jt' merk nv003 listriknya 200w..

    BalasHapus
  22. saya kok mahal ya hampir 1,5 jt' merk nv003 listriknya 200w..

    BalasHapus
  23. Baru coba nih sob...coba beli kompli baru...jadi searching dech +- nya....he...good info...

    BalasHapus
  24. saya pengguna baru kompor induksi, saran cari alat masak yg ada tanda IH (induction Heating)
    penggunaan mudah dan cepat...senangnya memasang cepat ;)

    BalasHapus
  25. kalau saya biasanya ke toko sambil bawa magnet. yang magnnet nempel pasti bisa di kompor IH. kalau gak nempel belum tentu bisa.
    sejauh ini sih kalau bahannya stainless (walaupun gak nempel dimagnet) atau fr pasti bisa.

    BalasHapus
  26. mau tanya kompor IH apa bisa menggunakan sumber listrik dari Conveter DC/AC 700 watt, trim's

    salam : Yance W

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gunakan konverter, asalkan konverternya mempunyai daya yang cukup untuk kompor itu.Kalau 700 watt kemampuannya bisa sampai 500 watt kompor induksi.

      Hapus