12 Des 2010

Teori Remote Control Infra Merah / Infra Red LED Controller Part 2 (Solusi NEC)

Pada pembahasan terdahulu kita sudah memahami teori kerja Infra Red remote controller, baik pemancar maupun penerimanya. Kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai pengkodean data. Pengkodean data diperlukan agar penerima bisa memahami dan menerima data sesuai dengan data yang dikirim.
Pada umumnya Data ini terdiri dari Header, Custom Code dan Command.
Kali ini kita coba ulas Solusi yang diberikan oleh NEC. Pabrikan asal Jepang.


Solusi NEC
Fasilitas
  • 8 bit address dan 8 bit command
  • Baik address maupun  command dikirim 2 kali untuk verifikasi data
  • Menggunakan modulasi jarak pulsa
  • Frekuensi carrier yang digunakan 38kHz
  • Bit time  1.125ms (0) atau 2.25ms (1)
Modulasi
NEC Modulation Solusi NEC menggunakan encoding jarak pulsa untuk menentukan nilai suatu bit. Tiap Burst Pulsa memiliki lebar 560µs pada frekuensi carier 38kHz  (sekitar 21 cycle). Logika "1" membutuhkan 2.25ms untuk dipancarkan, sedangkan logika "0" hanya membutuhkan waktu separonya saja, yakni 1.125ms.

Protokol
NEC Pulse Train
Gambar di atas menunjukkan standart bentuk timing dari solusi NEC. Pada sistem Protokol NEC, LSB dikirimkan terlebih dahulu. Misalnya dalam suatu kasus Address $59 dan Command $16 dikirimkan. Maka pesan akan dimulai oleh 9ms AGC burst, yang akan digunakan untuk mengeset penguatan sinyal pada modul penerima terlebih dahulu. AGC burst ini lalu diikuti oleh 4.5ms jeda, yang lalu akan diikuti oleh Address dan Command. Address dan Command ini dikirim dua kali. Pada pengiriman data yang kedua, semua bit akan di-invert. Hal ini digunakan sebagai verifikasi data untuk memastikan data yang diterima sudah benar. Total waktu pengiriman data adalah tetap karena setiap bit akan dikirim dua kali dengan pengiriman yang kedua adalah invert dari pengiriman data yang pertama.
NEC Repeat
Ada beberapa fungsi tombol yang akan memerikan respon secara terus menerus (kontinyu). contohnya adalah Volume+, Volume-, Program+ dan Program-. Pada kasus ini, command hanya dikirim sekali saja, walaupun tombol ini kita tekan terus menerus. Setiap 110ms sebuah kode pengulangan (repeat code) dikirimkan selama tombol masih ditekan. Repeat code ini sangat sederhana, hanya sebuah pulsa 9ms AGC yang diikuti oleh jeda 2.25ms lalu 560µs. Keuntungan sistem ini adalah penghematan battery karena waktu menyala LED lebih singkat. kerugiannya adalah mudahnya sistem ini terkena gangguan dari luar.
NEC Sequence
  link terkait:
http://beritafajar.blogspot.com/2010/12/teori-remote-control-infra-merah.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar