16 Apr 2012

Kompor Induksi, Cara Kerja, kelebihan dan kekurangan


Cara Kerja Kompor Induksi

  • Kalau kawat konduktor dialiri arus listrik, maka di sekelilingnya akan terbentuk
    garis gaya magnet.
  • Jika kawat konduktor itu dibentuk kumparan dan di dekatnya diletakkan materi
    yang dapat menghantarkan listrik (biasanya logam), maka logam tersebut akan
    menerima pengaruh garis gaya magnet lalu di dalam logam tersebut akan mengalir arus eddy
  • Nah, setiap logam biasanya memiliki hambatan listrik, dan arus yang mengalir dalam logam tersebut akan menghasilkan joule heating sebesar P = I^2 × R,
    dimana P adalah daya, I untuk arus, dan R untuk hambatan, daya inilah yang keluar sebagai panas dan proses yang berlangsung dinamai pemanasan lewat induksi.




Kelebihan Kompor Induksi:
 

1. Bertenaga (Powerful) dan Efisien
Pada kompor IH, energi yang terbuang hampir tidak ada, pengubahan energi listrik ke panas berlangsung dengan efektif. Sehingga dengan daya listrik lebih kecil, kompor IHmampu mendidihkan air lebih cepat dari kompor gas. Tapi, jika dibandingkan dengan sistem pembakaran seperti pada kompor gas yang menyebabkan daerah sekeliling panci juga ikut panas, sistem IH hanya memanaskan daerah sekitar alas. sehingga akan ada beberapa jenis masakan yang kurang cocok jika menggunakan sistem IH ini. kesimpulannya adalah: efektifitas panas yang dihasilkan di sini tidak selalu disertai dengan efektifitas dalam proses memasak.

2. Tidak mengeluarkan api

Berbeda dengan pemanasan yang menggunakan api, sistem IH yang tidak menggunakan api ini menghasilkan kemungkinan terjadi kecelakaan luka bakar yang rendah dan tingkat keamanan yang tinggi. selain itu, proses ini juga tidak memanaskan udara di sekitarnya, sehingga orang yang sedang berada di dekat alat masak IH tidak akan merasa kepanasan.

3. Mudah dalam mengatur temperatur

Melalui pengaturan jumlah arus listrik yang mengalir di kumparan, tingkat kepanasan IH dapat dengan mudah disesuaikan dengan panas yang dibutuhkan.

4. Tingkat keamanan yang tinggi

Hal ini sesuai dengan keuntungan nomer 2 di atas, karena tidak mengeluarkan api resiko luka bakar hampir tak ada. Resiko kebakaran karena jilatan api yang menari-nari karena angin jugabisa dikatakan mendekati nol. Selain itu, dalam keadaan kumparan teraliri arus listrik, permukaan IH tidak akan terasa panas jika disentuh dengan jari yang hanya akan teraliri listrik dalam jumlah kecil (dalam kondisi tidak sedang menggunakan logam seperti cincin, gelang, dkk). Tidak adanya proses pembakaran menyebabkan tidak adanya risiko terjadinya kekurangan oksigen dalam ruangan. Tapi ingat, menyentuh panci, wajan atau alat masak dalam keadaan panas tentu saja bisa menyebabkan luka bakar loh.

5. Ekonomis

Dengan kemampuan tak jauh berbeda dengan kompor gas, kompor IH memerlukan lebih sedikit energi untuk keperluan yang sama sehingga tagihan listrik juga lebih murah. Selain ramah lingkungan, kompor ini juga ramah dompet.

6. Kompor Tetap Dingin

Adapun pada kompor induksi, energi listrik digunakan untuk menciptakan medan magnet, yang menginduksi wajan atau panci. Akibat induksi magnetik, molekul saling bertabrakan pada frekuensi tinggi. Friksi antarmolekul ini menciptakan panas secara cepat.

Di sini terlihat panci atau wajan itu sendiri yang berfungsi sebagai elemen pemanas. Ini lebih efisien karena memintas jalur perpindahan energi. Keunggulan lain, permukaan kompor tetap dingin saat digunakan. Yang memanas hanya wajan atau panci yang digunakan untuk memasak. Lebih aman, karena itu memperkecil risiko luka bakar akibat keteledoran pemakaian.
Berapa catu daya yang dibutuhkan? Relatif tinggi; bisa mencapai 1.700 watt. Namun itu bisa diatur hingga batas minimal 200 watt; meski durasi memasak menjadi lebih lama.

Sayangnya tak sembarang panci bisa digunakan. Perkakas dari aluminium, stainless steel, atau tembaga tak bereaksi terhadap medan magnet sehingga mesti dipensiunkan bila memutuskan beralih ke kompor teknologi baru ini. Biasanya kompor induksi dijual satu paket dengan wajan atau panci yang bersifat "ferromagnetik" seperti baja, besi, atau logam lain.

Meskipun demikian, jangan buru-buru membuang perkakas bekas. Bisa jadi panci lama masih berguna. Untuk mengujinya, dekatkan sebatang magnet pada panci. Jika menempel, berarti bisa digunakan pada kompor induksi meski efisiensinya mungkin lebih kecil.


Perbandingan efisiensi tabung gas VS kompor induksi,

Perhitungan penggunaan tabung gas
1 tabung gas 12 kg harga : Rp.80.000,-/tabung
1 tabung bisa di pakai s/d 60 jam
Pemakaian dalam 1jam = Rp.80.000,- / 60jam = Rp.1350,-/jam

Perhitungan penggunaan kompor Induksi
(TDL terbaru : Rp.793,-/kwh)
Pemakaian 500watt / jam
Pemakaian 1jam x 500watt = 500watt / 0,5kwh
Biaya = 0,5kwh x Rp.793 = Rp.396,5/jam


Harga kompor induksi
Pertama kali kompor induksi diperkenalkan. dibuat seolah kompor induksi adalah produk premium nan mewah dan mahal. padahal sejatinya tidaklah demikian.
Kesan mahal dan mewah terjadi karena diawal keluar produk ini muncul di maal mall yang ditawarkan secara kontinyu oleh sales sales cantik.
Hal yang mempengaruhi harga kompor induksi diantaranya:
1. Jumlah tungku. (2 tungku lebih mahal. harap juga dipertimbangkan kapasitas daya listrik di rumah)
2. Tombol kontrol. ada 2 jenis. sistem sentuh (bagian tombol dari kaca. keras. cukup sentuh sudah respon), dan sistem tekan/tact switch (bagian tombol bisa ditekan dan bunyi tik..tic..) sistim sentuh lebih mahal.
3. Merk. merk terkenal pasti mahal dong. tapi perlu diingat juga rata rata kompor induksi adalah produk OEM. dimana pemegang merk bukanlah pembuat produk, sehingga seharusnya merk tidak bisa membuat harga terlampau jauh berbeda.
4. Bonus. beberapa kompor ada yang memberikan bonus panci. tentunya sangat bermanfaat mengingat mencari alat yang cocok buat kompor induksi gampang gampang susah.
Lalu berapa nominalnya ?
 Type paling sederhana (1 tungku, tombol tekan, tanpa bonus) dijual dengan kisaran harga 350rb sd 600rb.
Type standart ( 1 tungku, tombol sentuh, ada bonus panci) dijual dengan kisaran harga 450rb sd 1jt.
Type premium biasanya terdiri dari 2 tungku dengan seabrek bonus. harga tinggal kalikan 2 aja.
Lantas bagaimana kalau ada yang jual jauh dari harga di atas?
kalau menurut saya sih hanya overpriced, atau biar terkesan canggih dan istimewa.
Harga ini cenderung stabil sejak tahun 2011 lalu hingga sekarang. Yang jualan mahal karena iklan sangat gencar dan dijual di lokasi strategis. kalau belinya di toko standart harganya sangat kompetitif.
Beli di mana?
Toko online banyak kok. Blibli, Lazada dll sedia dengan harga wajar. Mau lebih mahal ada di mall mall dengan lokasi both both promosi. Kalau pengen lebih murah tetap bisa di mall tapi masuklah ke lokasi tokonya
sumber: dari berbagai sumber

200 komentar:

  1. Balasan
    1. manfaat yang saya peroleh setelah menggunakan kompor induksi
      1. aman
      2. praktis
      3. cepat (jauh lebih cepat daripada pakai gas)
      4. irit (belum membuktikan sih, tapi saya percaya aja sama data yg dipaparkan para ilmuwan)

      Hapus
    2. kalo mau masak pake kuali gimana? Trus mau menggoreng gimana?

      Hapus
    3. pakai alat masak yang alasnya datar ... tidak cembung ..

      Hapus
    4. Betul ๐Ÿ‘ pakai alat masak yg alasnya datar . 100% .

      Hapus
  2. sebaiknya ditambah lagi perbandingan antara kompor induksi dengan ricecooker. Soalnya ricecooker juga prinsipnya menaruh panci di atas sumber energi.

    BalasHapus
  3. ....sehingga akan ada beberapa jenis masakan yang kurang cocok jika menggunakan sistem IH ini.

    Mohon disebutkan. Saya berminat.

    BalasHapus
  4. ada perbedaan antara ricecooker dan kompor induksi
    pada ricecooker, listrik memanaskan nikelin yang terpasang di body lingkaran bawah panci. sehingga alat ini harus memanaskan elemen kompor dulu, baru kemudian panas ini disalurkan ke panci. berarti ada sisa energi panas yg sia sia pada kompor
    pada kompor IH, yang dipanaskan bukanlah kompornya, tetapi langsung pancinya sendiri melalui metode induksi. dengan konsep ini maka pemakaian listrik lebih efisien karena energi listrik tidak perlu diubah panas dahulu baru kemudian ditransfer ke panci, tetapi kompor IH langsung mentransfer energi listrik ke panci melalui sistem induksi arus edi, sementara kompor tetap dingin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong Kasih tau merek kompor induksi yg sekalian kualinya donk biar gak rempong nyari tau,, lagi thankyou

      Hapus
    2. Rice cooker sama aja,,, piringan yang dibawah dan bolong tengah nya itu heater/pemanas.....jadi sama aja langsung manasin panci

      Hapus
    3. Kenapa nama arus nya harus edy. ..

      Hapus
  5. Alhamdulillah, setelah sekian lama menggunakan kompor induksi saya menemukan menghematan yang walaupun mungkin tidak significan tetapi lumayanlah, selain keuntungan aman (tidak resiko meledak, panas dll) praktis (gak perlu repot ganti gas)
    sebelum pakai kebutuhan gas adalah 5 tabung 3kg/bulan
    awal pakai kebutuhan gas turun menjadi 3 tabung 3kg/bulan, tambahan biaya listrik 15 ~ 20rb/bulan
    saat ini kebutuhan gas turun lagi menjadi 2 tabung 3kg/bulan, tambahan biaya listrik naik lagi menjadi 20 ~ 30rb/bulan
    listrik terpasang 1350
    penghematan di awal pemakaian adalah harga gas - harga listrik = 30-20=10rb/bulan
    penghemataan saat ini 45rb-30rb=15 rb / bulan
    kalau listriknya 900va pasti lebih hemat lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau listrik di rumah cuma 450 VA, masih bisa pakai kompor IH nggak ya ?

      Hapus
    2. saya sarankan untuk tidak menggunakannya
      rata rata rumah tangga yang menggunakan listrik 450, faktanya pemakaiannya sudah full digunakan untuk TV, penerangan, kulkas, sehingga paling hanya punya daya tersisa <200va
      bahkan seringkali tidak mampu apabila ada kegiatan mencuci atau menyeterika
      apabila beban listrik yang udah mepet ini masih akan dibebani dengan kompor IH, tentunya menjadi sangat tidak nyaman

      Hapus
    3. Kalau pakai MCB yang orisinil walau tulisannya sama untuk 450W faktanya bisa, karena punya saya 450W tapi bisa digunakan secara bersamaan Rice Cooker 350W, setrika 350W, mesin cuci 150W , kulkas 75W, TV 21in 100W selama 1 jam an dan listrik tetap nyala.Lokasi saya di sleman, Jogja.Jika ada yang ingin membuktikan silakan mampir ketempat saya, tapi mohon sms dulu biar matching. sms ke AAN: 085729330310

      Hapus
    4. wah masak sih ,450W bisa pake melebihi kapasitas Watt standart,emang harga nya berapa MCB nya?

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. secara ... sudah ada temuan terbaru untuk kompor magnet dengan daya yg amat rendah (sekitar 20 Watt) disamping itu harga juga murah sekitar 200 ribu - 400 tergantung model dan banyaknya tungku pemanas. cocok untuk perumahan yg daya listriknya rendah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kompor magnet ???
      dimna dapatnya gan??

      call me :089674507327

      Hapus
  8. Berarti kalo rumah dg daya 450 watt bisa dong gan? Beli dimana?

    BalasHapus
  9. Aku punya kompor induksi........tapi gak semua panci bisa..apalagi penggorengan gak ada yg cocok.......padahal mau buat cadangan kalo gas habis tengah malam. ada saran penggorengan apa yg bisa dipake?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan menggunakan magnit bisa dipakai untuk mengetahui apakah panci/penggorengan bisa dipakai di kompor induksi. Jika magnet bisa menempel pada panci atau alat masak yg lain maka bisa dipakai di kompor induksi.

      Hapus
  10. saya ada panci, penggorengan, penanak nasi dll yang semuanya bisa buat kompor induksi. karena saat ini juga semakin mudah mencari peralatan yg bisa buat kompu induksi
    saya lihat di supermarket banyak kok
    silahkan cari yg berbahan stainless

    BalasHapus
  11. salam smua... ikut nimbrung ya..
    sy udin, juga tertarik dgn kompor baru ini: aman, efisien, cepat, tanpa emisi dst.
    yg jadi kekurangan mungkin harga di pasaran yg lebih mahal dr kompor biasa, lbh fragile, panci harus terbuat dr bahan tertentu (kl gak salah STAINLESS dan ALMUNIUM - mhn di cek lg), dan slain itu kl dilihat dr ukurannya agak sulit untuk memasak dlm jumlah besar (susah dibayangkan meletakkan panci besar diatas kompor yg kecil:bisa gepeng kan?).
    bener gak bapak ibu skalian?
    hehe

    BalasHapus
  12. secara harga, kompor induksi saat ini sudah tidak lebih mahal dari kompor gas
    harga kompor gas 250rb + regulator dan selang 75rb + tabung 3 kg 125rb = 450rb
    sedangkan harga kompor induksi jualan saya hanya 350rb, atau kalau mau yg versi tombol sentuh + bonus panci hanya 450rb saja

    dari sisi keamanan juga pasti lebih aman tanpa resiko meledak sebagaimana kompor gas

    salah satu kendala kompor induksi adalah pemakaian listrik, dimana masih banyak rumah tangga yg menggunakan listrik kapasitas 450VA, dengan daya sebesar ini tentunya sangat tidak nyaman karena listrik mudah "njeglek"

    kendala lainnya adalah pada umumnya kita berpikiran gas hemat dan murah, listrik mahal, padahal belum mencoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kompor indukasi harga 350rb.
      boleh di upload gambarnya bu/pa??
      sapatw cocok n bisa jadi agen.
      hee..... :)

      call: 089674507327

      Hapus
    2. saya tertarik tolong kirim gambarnya k hendro.arsitek@gmail.com + harganya

      Hapus
    3. Saya mau dong. Mohon dikirim / upload gambarnya siapa tahu, selain Mas Karjo, saya juga bisa jadi agen.
      Telp saya : 081232937669
      E-mail : ketutsumija@ymail.com

      Hapus
    4. saat ini saya sudah tidak ada stok lagi. mungkin masih lama dapat barang lagi. mungkin bisa searching di internet

      Hapus
  13. kalo 900va kuat ga ya?

    BalasHapus
  14. kalau 900VA ok. ini adalah kondisi pemakaian listrik tarif paling murah yang masih nyaman.
    dengan listrik 900VA, maka penghematan yang diperoleh bisa maksimal

    BalasHapus
  15. kalo dibarengi ma kulkas dispanser 'njegleg' ga ya?

    BalasHapus
  16. yg bnr yg mana sih utk bahn alat dapurnya yg bs utk kompor induksi? diata s dibilang ga bs kl bhnnnya dr almunium n stanless steel tp dikomen lainnya boleh.... yg mana yg bnr gan??? membigungkan

    BalasHapus
  17. bahan almunium gak bisa
    kalau stainless bisa
    panci model kuno yang dicat itu juga bisa
    sekarang banyak sekali alat masak yang sudah bisa digunakan di kompor ini
    seperti panci, wajan, teko, ceret, dll

    BalasHapus
  18. di ace ardware banyak kok jual panci n wajan yg bs utk kompor induksi...

    BalasHapus
  19. boleh tau beli kompor IH + panci dan wajan dimana?

    BalasHapus
  20. kayaknya untuk anak kos bagus juga nih, kalo anak kos kan bayaran perbulanya udah termasuk listrik dan air.

    BalasHapus
  21. saya kok mahal ya hampir 1,5 jt' merk nv003 listriknya 200w..

    BalasHapus
  22. saya kok mahal ya hampir 1,5 jt' merk nv003 listriknya 200w..

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli di lazada, merek cosmos, philips, midea, dll, harganya kurang dari 1 jt, udah dapet bonus wajan 1

      Hapus
  23. Baru coba nih sob...coba beli kompli baru...jadi searching dech +- nya....he...good info...

    BalasHapus
  24. saya pengguna baru kompor induksi, saran cari alat masak yg ada tanda IH (induction Heating)
    penggunaan mudah dan cepat...senangnya memasang cepat ;)

    BalasHapus
  25. kalau saya biasanya ke toko sambil bawa magnet. yang magnnet nempel pasti bisa di kompor IH. kalau gak nempel belum tentu bisa.
    sejauh ini sih kalau bahannya stainless (walaupun gak nempel dimagnet) atau fr pasti bisa.

    BalasHapus
  26. mau tanya kompor IH apa bisa menggunakan sumber listrik dari Conveter DC/AC 700 watt, trim's

    salam : Yance W

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gunakan konverter, asalkan konverternya mempunyai daya yang cukup untuk kompor itu.Kalau 700 watt kemampuannya bisa sampai 500 watt kompor induksi.

      Hapus
  27. mas/mba yg udah pengalaman pake kompor induksi boleh sharing dong...sy masih pemula pake kompor induksi dan bingung mau naruhnya di area dapur, bahaya gak klo naruhnya masih 1 area di dapur deket kompor gas (tanam), sy taruh di sisi yg berbeda sih cuma ada kekuatiran pas dioperasikan jadi pemicu ledakan ke kompor gas ato gimana gitu...maklum sy awam soal pelistrikan.

    sbnrnya sy mau pensiunkan niy kompor gas karena masalah safety dan ribetnya, tapi pembantu blom familiar dan takut pake kompor induksi karena kaya komputer katanya...

    makasih sebelumnya buat mas/mba yg mau sharing yaahhh...

    BalasHapus
  28. kompor induksi tidak mengeluarkan api. panasnyapun gak seberapa. sehingga aman aman saja kalau ditaruh dimanapun. tetapi hindarkan dari lokasi lembab/basah. dikawatirkan menyebabkan hubung singkat
    saya pribadi tidak menaruh kompor gas dekat dengan kompor listrik. kawatir panas berlebih dari kompor gas memperpendek umur kompor induksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kompor induksi nya bisa meng induksi tabung gas atau kompor gas ga ya ?

      Hapus
    2. bagaimana cara menggunakan kompor induksi merk waki wk 2000

      Hapus
    3. ya tinggal ikuti petunjuk aja. kompor induksi kan peralatan yang simple

      Hapus
  29. ada kriteria khusus ga alat memasak misalnya untuk panci dan sebagainya untuk menggunakan kompor induksi ini dan awet atau gak umurnya trus brapa ampere listrik yang bisa tahan dengan kompor ini trims

    BalasHapus
  30. mengenai jenis panci sudah dijelaskan
    listrik terpasang minimal 900VA agar pemaikaian kompor nyaman dan optimal

    BalasHapus
  31. Pernah beli panci yang bisa ditempeli magnet, tapi ketika dipakai ternyata kompor/induksinya, hidup mati... hidup mati... hidup mati... kenapa bisa begitu ?
    Dan panci nya yang berbahan stainless ga ada yang murah :( dan susah pula nyarinya

    BalasHapus
  32. coba cari panci stainless yg tipis.
    sejauh pengalaman kami, harga panci stainless kurang lebih sama dengan yg almunium
    misal wajan sekitar 20 s/d 30
    panci sekitar 20 s/d 40
    dandang sekitar 40 s/d 60
    teko sekitar 20 s/d 80
    cangkir sekitar 10 s/d 30
    tergantung merk ukuran kualitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untk mrebus air maks berapa liter

      Hapus
  33. Alat masak yang bagus dan hemat dan tidak berbahaya, namun sayangnya di tempat kami Pringsewu, Lampung, PLN sering mati. Jadi harus ada cadangan yang lain.

    BalasHapus
  34. Waaah.... kayanya aman dan cukup hemat yaa... Saya jg tertarik nih pake kompor IH ini. Mohon bisa dikirim foto kompor IH juga panci dan wajannya ke fifiehs@gmail.com. Kalo masih ada stok, kira2 brp harga total kompor+panci+wajannya ya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kompor jenis ini sudah ada di supermarket (hypermart, carrefour, dll), harga 400rb - 15 jt (tergantung merek), kalau belaja online, bisa di lazada.co.id, harga juga miring, enak koq pake kompor ini, aman, bersih, dan terkesan mewah

      Hapus
  35. saat ini harga kompor induksi pakai layar/tombol sentuh berikut panci adalah 450rb
    belum termasuk ongkir (dihitung 5kg)

    BalasHapus
  36. busyet postingan 16 Apr 2012 masih ada yg buka n koment cuma gara facebook menampilkan iklan kompor induksi, trus pada searching deh kekurangan kelemahan kompor? ehm wech gw pertamax premiun apa bensin ya? solar keles hehehe, ayo pada borong kompor tuch udah murah hemat n perkakas masak udah suprot, mari masak.... masakin donk.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  37. saat ini saya juga belum menemukan kekurangan produk ini
    tetapi ada tanya jawab seputar ini pada komen komen awal

    BalasHapus
  38. jika digunakan di dalam kamar kos bahaya apa gak ya ?, trus masalah konsumsi listriknya bagaimana ?

    BalasHapus
  39. justru kompor induksi paling aman. tidak panas (panas karena kompornya bersentuhan dengan panci yg buat masak). paling kaget aja
    jadi asal listrik kuat, maka pemakaian di kamar paling oke

    BalasHapus
  40. Kalau pake solar system gmna? cocok ga. dirumah ga pake listrik PLN, saya pake panel surya.

    BalasHapus
  41. Itung - itingan biaya itu kalau kondisi ideal, yaitu tegangan PLN 220 Volt, kalau kurang dari itu biaya pasti lebih

    BalasHapus
  42. pakai solar system gak masalah. yg penting daya mencukupi
    perhitungan tersebut dibuat th 2012
    tegangan berapapun mestinya sama saja, karena sistem pln hanya menghitung kwh, bukan va

    BalasHapus
  43. Terimakasih gan infonya bermanfaat :)

    BalasHapus
  44. skrg tipa bulan ada kenaikan TDL, yg tadinya dikira hemat malah jadi mahal, gk tahu pemerintah mw nya gmn, yg murah di mahalin, yg mahal makin di mahalin

    BalasHapus
  45. TDL memang naik untuk yang 1300 ke atas. sehingga mungkin biayanya akan sama dengan pakai gas yang sekarang juga naik. tetapi soal kenyamanan tetap lebih nyaman. bagi pemakai listrik 900VA, maka pakai listrik tetap lebih hemat

    BalasHapus
  46. Sekarang biaya listrik semakin naik... apakah penggunaan kompor induksi masih dianggap hemat?

    BalasHapus
  47. apakah masih ada stok..??

    BalasHapus
  48. silahkan browsing di internet. banyak dijual dengan kisaran harga 400rb sampai jutaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman 6 maret 2016 jam 14, di sumarecon bekasi, maksa nawarin kompor kuche 12-18 jt, finalnya 10,9 jt (kompor bonus panci dan presto 5 kg. ) akhir nya kami batal 2 petugas laki2 muda marah. hati hati dan teliti sebelum membeli

      Hapus
    2. pengalaman 6 maret 2016 jam 14, di sumarecon bekasi, maksa nawarin kompor kuche 12-18 jt, finalnya 10,9 jt (kompor bonus panci dan presto 5 kg. ) akhir nya kami batal 2 petugas laki2 muda marah. hati hati dan teliti sebelum membeli

      Hapus
    3. Kalau ini trik marketing...

      Hapus
  49. Kalo untuk home industri ada tidak? Dengan ukuran panci kira2 seukuran drum

    BalasHapus
  50. maksih... bermanfaat sekali infonya

    BalasHapus
  51. buat home industri mohon maaf saya tidak tahu
    terima kasih atas kunjungannya
    senang bisa berbagi

    BalasHapus
  52. menggunakan hp dalam waktu lama karena elektromagnetik bisa mandul,apalagi kompor yang elektromagnetik nya besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Plus kanker lagi,, dapat dari website blog punya......

      Hapus
    2. haha. sama dengan seterika. ditaruh di muka bisa gosong
      taruh di baju bisa licin

      Hapus
  53. Kompor IH ini apa bisa nyetrum????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohhh...Pasti Bisa...!?
      Namanya Juga Listrik,Kalo Gak percaya coba agan pegang kabel colokannya.pasti rambutnya agan berdiri..dan pasti agan akan ngomong.....IH...kok nyetrum yah.

      Hapus
  54. Selamat malem Ibu atau Bapak yah...
    Ya biar adil bapak2 ibu2.
    Ane mau nanya kalo kompor Induksi 2 tungku yang tanam terus minimum watt,200 watt harga paling murah,model modern,kira2 merk apa yah..?

    BalasHapus
  55. 1 tungku aja minimal 200 watt dengan daya nyaman 1000 watt
    kalau 2 tungku ya kalikan 2 aja

    BalasHapus
  56. Kalo MenggunakListrik yg 2 R ( 900VA ) bisa ga yah...?
    apa Harus menggunakan stabilizer supaya saat menghidupkan kompor tidak anjlok.masalahnya kalo masak nasi malem juga sering anjlok.gmna solusinya...

    BalasHapus
  57. waktu saya menggunakan listrik 1300 terasa sekali nyamannya
    mau kita set berapa wattpun gak masalah
    memasak begitu menyenangkan
    saat listrik 900 bisa kita pakai, tetapi tidak maksimal. hanya bisa kita atur daya maksimal 900 watt
    di atas 900 watt njeglek

    BalasHapus
  58. Terima Kasih Banyak Infonya Sangat Membantu.

    BalasHapus
  59. wah beda klu kasusnya pake kompor gas 3kg=20,000 bisa dipakai sampe 2 bulan. anggap 1,5 bulan. 1 hari 1 jam pemaakaian gas. jadi 20rb : 45 jam = 444 rupiah. klu masakan itu semakin panas semakin enak rasanya. klu kompor listrik harus max 1,7 KW. sedangkan listrik daya diatas itu harga per KWH minimal 2000/KWH. berarti klu 1 jam = 1,7 KW *2000/KWH =3,400 rupiah dunx.

    BalasHapus
  60. menurut saya. kompor bapak Luq Man sangatlah istimewa
    ketika biasanya tabung ukuran 3kg hanya mampu bertahan seminggu, sementara punya bapak bisa dipakai hingga 6 sd 8 minggu.
    bahkan lebih awet dari rata2 pemakaian tabung 12kg yg 4 s/d 8 minggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baru saja membeli karena tawaran pameran di mall dan ternyata sampai di rumah dikatakan anak saya tertipu krena harganya yg sangat tinggi dan tidak masuk akal untuk produk yang tidak ada nama pabriknya. Harga penawaran Rp.4.998.000,- Kemudian dengan dalih mendapat discount, saya diberi harga Rp.3.498.000,- dan masih mendapat 'hadiah' lagi penggorengan, pressure cooker, dan satu lagi kompor yang sama! Saat itu saya seperti tidak sadar. Namun setelah di rumah saya baru sadar bahwa ada unsur yang tidak jujur dalam transaksi tersebut.HATI2!

      Hapus
  61. Saya baru saja membeli karena tawaran pameran di mall dan ternyata sampai di rumah dikatakan anak saya tertipu krena harganya yg sangat tinggi dan tidak masuk akal untuk produk yang tidak ada nama pabriknya. Harga penawaran Rp.4.998.000,- Kemudian dengan dalih mendapat discount, saya diberi harga Rp.3.498.000,- dan masih mendapat 'hadiah' lagi penggorengan, pressure cooker, dan satu lagi kompor yang sama! Saat itu saya seperti tidak sadar. Namun setelah di rumah saya baru sadar bahwa ada unsur yang tidak jujur dalam transaksi tersebut.HATI2!

    BalasHapus
  62. Terima kasih informasinya
    Harga wajar dari sebuah kompor induksi 1 tingku adalah 350rb hingga 800rb
    Sedangkan untuk 2 tungku tinggal kalikan 2 aja

    BalasHapus
  63. Sy punya kompor 2tungku (kiri induksi dan kanan halogen) merk colvern. Tp saat sy cb dirmh langsung njeglek...listrik rmh 900watt. Memang di buku panduannya tertulis 1500watt buat tungku kiri dan 1600 utk tungku kanan tp sales nya blg cm butuh 500watt colokan pertama. Mohon saran bagi yg tau? Ohya saat sy cb matikan semua alat yg ada tetap aja br di colok langsung njeglek....hiks

    BalasHapus
  64. menarik juga nih,,,tapi apakah aman jika misalnya kita memasak air/mie rebus kemudian air/ mie tersebut jatuh ke areaa kompor (pasti area tsb basah) trus kita ambil pakai tangan, kira2 nyetrum apa gak sis?

    BalasHapus
  65. @bp Iyana
    njegleknya saat baru ditancapkan ke listrik apa sesaat setelah tombol power ditekan?
    seharusnya saat baru dicolokkan tidak akan njeglek. kalau njeglek berarti perangkat bapak rusak. tapi kalau njegleknya sesaat setelah ditekan tombol power (kompor hidup) maka solusinya adalah pilih power yg kecil (200 atau lebih)
    @anonim
    permukaan kompor bukanlah logam, tetapi keramik yg bersifat isolatif terhadap tegangan listrik
    jadi walaupun air tumpah di permukaan kompor tetap aman. pastikan aja air tidak masuk ke dalam kompor. yg berresiko membasahi bagian elektroniknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Njegleknya saat baru dicolokan. Berarti alatnya yg rusak ya..

      Hapus
    2. Iya
      Kemungkinan besar alatnya rusak
      Silahkan minta ganti ke toko dimana bapak membelinya
      Saran saya. Cek aja dulu ditokonya buat memasak air
      Lihat fungsinya apakah normal semua

      Hapus
  66. Saya sudah pakai, beli di Lazada merk OMI cuma 330 ribu sekitar 4 bulan yang lalu. Memasaknya cepat, praktis bisa buat di kamar dan selama ini pemakaian listriknya nggak terlalu besar, karena nggak tiap hari masak, dan sekarang nggak beli gas lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh .... saya juga pengen beli, listrik di kos-an agan berapaan yah ?

      Hapus
    2. Saya juga beli omi di lazada, tapi masih takut listrik anjlok.
      Saya ngekos soalnya. Itu betulan 2000 watt? Selama ini gimana pemakaiannya?

      Hapus
  67. hehe
    selamat menikmati era nyaman memasak ya mas Fachim

    BalasHapus
  68. saya berniat membeli untuk kegiatan masjid... merknya Philips HD 4932 ...nurut para agan gimana??

    BalasHapus
  69. memang sangat efisien
    Saya anjurkan pake IH, bukan promosi lho tapi saya juga pemakai IH.
    Karena Saya tiap malam sampai pagi bekerja tanpa ada teman, malah IH nya dipasang dekat monitor Computer. jadi bila malam malam lapar atau mau bikin kopi, tinggal jreeeeeng, tak usah kelayapan ke dapur.

    BalasHapus
  70. @Abdul Kholiq. saya gak begitu paham detail.
    @Yana. betul gan. kalau saya naruhnya di meja makan

    BalasHapus
  71. jd klo tangan kita d taruh d atas kompor ga bakal panas ya?
    coz mau ngajarin anak masak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhhh, mantap, boleh dong kirim video pengalaman make kompornya, bukan video demo promo.

      Hapus
    2. saya kadang upload acara masak saya ke fb atau youtube

      Hapus
  72. Kompor induksi menggunakan tenaga listrik yang disalurkan ke lempeng elektromagnetik untuk menjadi medan megnet. Ketika kompor dinyalakan, lempengan pada kompor tersebut akan menjadi medan magnet yang akan menyalurkan panas jika bersentuhan dengan benda atau alat masak berbahan logam tertentu.

    Energi panas akan tertransfer dengan lebih baik jika alat masak / kitchen appliance terbuat dari bahan besi atau stainless steel. Energi panas inilah yang akhirnya membuat makanan yang dimasak di atas alat masak menjadi matang.

    Karena tidak menggunakan api dalam proses memasak, banyak yang menyangkal kehebatan kompor ini dalam memasak makanan. Mereka masih beranggapan bahwa kompor gas jauh lebih cepat dan efisien dalam membuat makanan menjadi matang. Faktanya, berdasarkan catatan U.S. Department of Energy, kompor induksi mampu mengoptimalkan penggunaan energi, dengan tingkat efisiensi energi mencapai 84 %. Sementara kompor gas biasa, tingkat efisiensi energi hanya 40 %, dan sisanya menguap ke udara menjadi gas atau uap panas.

    BalasHapus
  73. saya jual baso,ukuran pancinya gede,kira2 ada kompor IH yg cocok g

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang kami tahu rata rata dimensi kompor induksi kurang lebih sama
      dengan rentang daya 200 sd 2000 watt

      Hapus
  74. Tks telah memberi pencerahan. Saya baru saja mendapatkan benda ini tanpa didampingi buku sistem pemakaian. Jadinya saya kelabakan menjawab pertanyaan ibu anak2 kenapa ndak bisa manasin gulai/sambal padahal lampu pilotnya pada nyala. Pantas saja, habisnya mamasin pakai gelas pirex sih. Ha ha ha.

    BalasHapus
  75. ya
    kompor ini memang menggunakan metoda pembangkitan panas yg berbeda dibanding kompor listrik biasa
    sehingga tidak sembarang panci sesuai dengan kompor ini
    tapi saya yakin
    seiring dengan waktu
    kita biasakan membeli alat masak stainless arau yg sesuai untuk kompor ini
    maka selanjutnya kita tidak akan ada kendala lagi dalam hal alat masak

    BalasHapus
  76. Saya baru beli kompor induksi merk midea.. tp saya ragu untuk mencobanya..
    Mgkn tidak pertama memberi arus listrik tidak lagsg berdaya maksimal??

    BalasHapus
  77. Saya baru beli kompor induksi merk midea.. tp saya ragu untuk mencobanya..
    Mgkn tidak pertama memberi arus listrik tidak lagsg berdaya maksimal??

    BalasHapus
    Balasan
    1. enaknya kompor induksi adalah daya bisa diatur mulai 200 sd 1800 watt
      silahka diatur sesuai kebutuhan

      Hapus
  78. Emang pertama harus 2000 watt yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tergantung merk
      ada merk yg saat dihidupkan langsung tampil 200 watts
      tapi pada merk lain tampilan pertamanya ada juga yg 2000
      mungkin milik bapak tampilan pertamanya yg 2000

      Hapus
    2. itu tergantung merk
      ada merk yg saat dihidupkan langsung tampil 200 watts
      tapi pada merk lain tampilan pertamanya ada juga yg 2000
      mungkin milik bapak tampilan pertamanya yg 2000

      Hapus
    3. Bagusan mana ya induksi atau halogen,mohon penjelasan nya yg udah pakai.

      Hapus
  79. nah kalo terjadi kerusakan terus tempat servisnya dimana aja?perhitungkan jg itu sodara2

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara teoritis suhu kompor induksi gak seberapa panas
      seperti alat elektronik pada umumnya
      yg panas hanya pancinya saja
      soal kerusakan juga sama seperti umumnya barang elektronik
      milik saya sendiri yg mudah rusak igbtnya
      komponen bisa dibeli di toko elektronik atau online
      tetapi kompor saya yg lain udah bertahun tahun juga gak ada masalah

      Hapus
  80. Mau tanya ...apakah kompor Induksi bisa berakibat kurang baik bagi kesehatan karena makanan yang dimasak dari kompor induksi tersebut. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan bayangkan kompor induksi itu seperti hp yg memancarkan induksi
      dia hanya membuat loop tertutup
      yg sangat dekat. paling sekitar < 1 cm saja
      efeknya hanya memanasi panci
      tidak makanannya tidak juga kompornya
      hasilnya pemanasan lebih efisien dan cepat
      kalau dari medis sejauh ini belum ada ulasan yg membahas

      Hapus
    2. buat bakar roti bisa gak ya tanpa perantara seperti wajan

      Hapus
    3. gak bisa
      karena tidak memancarkan panas seperti udara dan api
      mohon selanjutnya kalau topic baru buat trit baru aja
      udah panjang susah carinya

      Hapus
  81. Maaf mau tanya mhon pnjelasannya, di rumah saya pkai kulkas,tv,msincuci,setrika,dan lampu,tp yg sering standby kulkas,dya listriknya 900 watt, kalo pkai kompor HI,bisa gk,klo mau beli merk nya apa?dan belinya dmna?

    BalasHapus
  82. kompor induksi merek phillips yg seri Premium Induction Cooker [HD 4932] katanya bagus tapi kalau mau masak lama karena naik turun suhunya. Ada yang punya pengalaman serupa ga? Apa semua kompor induksi punya masalah yang sama, di mana kalau mau masak di atas suhu 100derajat maka suhu suka naik turun dan alhasil listrik jadi boros. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga punya phillips seri yg sama. Dan sama bingungnya kenapa panasnya naik turun. Misalnya merebus telur, air rebusan akan mendidih kemudian beberapa detik hilang gelembung2nya kemudian mendidih lagi. Apakah ini wajar? Sementara yang saya lihat divideo youtube air yang direbus mendidih terus menerus

      Hapus
    2. kemungkinan karena setting suhu/daya terlalu rendah. misal hanya 200watts
      coba naikkan daya menjadi 900 atau lebih
      nanti akan stabil panas terus

      Hapus
  83. Sy tertarik dgn ulasan mengenai kompor induksi, tp sayangnya daya dirumah hanya 900v, klu boleh tau kompor merk apa ya, yg bisa dihidupkan langsung tampil 200watt, agar sy bisa Marasakan manfaat kompor induksi. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pakai elite saat dihidupkan pertama tampil 200
      lalu mesti kita naikkan agar memasak bisa lebih cepat

      Hapus
  84. Saya baru beli kompor induksi, saya masih kurang mengerti cara pemakaian sehari supaya lebih hemat. Kata salesnya tarekan pertama kena 450 watt, selanjutnya ntar lebih rendah. Jadi katanya kalo pake kompor induksi, biarin saja kompornya hidup terus, jangan dicabut colokan listriknya?? Karena katanya kompornya otomatis, begitu ditaruh panci baru bekerja. Bukannya kompornya kalo dipencet off walau stekernya msh tercolok ke listrik, nanti di offkan tetap kena 450 watt lagi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf salah tulis, Maksudnya nanti dionkan kompornya dari status off tetap kena 450 walau stekernya msh tercolok listrik

      Hapus
    2. Sebelumnya saya sangat terimakasih, krn tulisan bapak ini sangat bermanfaat bagi saya yang lagi di lema mencari kompor yang aman.

      Kalo berkenan mohon email dari saya 'isnugaluhh@icloud.com' dibuka, saya sangat berterimakasih kalo diberi kesempatan membaca balasan email dr bapak. salam hangat

      Hapus
    3. facebook ada di kiri atas
      upload memasak pakai kompor induksi hanya kadang saja
      kalau sering akan membosankan
      terima kasih sudah mampir

      Hapus
    4. facebook ada di kiri atas
      upload memasak pakai kompor induksi hanya kadang saja
      kalau sering akan membosankan
      terima kasih sudah mampir

      Hapus
  85. Saya membeli kompor induksi 1 tungku merk kuche,apakah kualitas nya bagus?
    Terimakasih

    BalasHapus
  86. Saya tertarik..
    Minta rekomendasi merk dg komsumsi daya listrik kecil dan harga yg terjangkau..
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya sih semua kompor daya bisa diset 200 sd 1600 watts
      tidak bisa buat rumahan dengan daya terpasang 450. bisa buat 900. dan sudah nyaman dan optimal untuk pemakaian dengan daya listrik terpasang minimal 1350

      Hapus
  87. Gan mau tanya, saya punya kompor induksi ellite dua tungku, pas saya bersihkan dibagian lingkaran paling luar diselasela lingkaran terdapat plastik itu plastik apa yach gan? Jika saya tarik berpengaruh tidak pada kompor elektriknya seperti bocor atau bagaimana gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya rasa itu adalah plastik pengaman produk baru
      dilepas gak papa sih pak
      tapi hati2 terhadap kebocoran air yang dapat menyebabkan air tumpah bisa masuk ke dalam mesin

      Hapus
  88. Gan mau tanya kompor induksi saya nyala tapi ndak bisa memanaskan " timernya ndak aktif biasanya apa penyebabnya ?? Makasih infonya ""

    BalasHapus
  89. lihat display pak
    apa tampilannya? misal E03
    lalu coba dicek di manual. apa arti kode tersebut?

    BalasHapus
  90. mbak, agan.. mohon info beli kompor induksi elite dimana y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaloisa jgn beli di mall karena pasti dipukul mahal sekali.marketingny boong smua kl ngmng macem2. Hahaa

      Saya prnh cek sndiri soalny karena saya jg br dpt kompor induksi elite.dan mau dijual tp harga jauh dr yg di mall

      Hub 081319012153 kl mau liat foto2ny dulu

      Hapus
  91. bisa beli di mall mall, seperti hypermart, dll
    atau secara online di blibli, mataharimall, lazada dll

    BalasHapus
  92. Saya ad dpt kompor induksi slim elite cooker (digital touch) mau saya jual aja karena saya trbiasa di gas jd males.haha. belum terpakai sm skali dus smua masi ad.plus dpt panci stainless.yg mau liat2 fotony dulu lgsg ke WA or telp sms di 081319012153 aja y

    BalasHapus
  93. - Apakah kompor halogen bisa dipakai untuk otang? (otang = oven tangkring)

    - Apakah tidak berbahaya dengan elemennya (alasnya) jika terlalu lama di tangkringin sama otang? Adakah batas maksimal waktunya?

    - Mohon bantuanya agan2

    BalasHapus
  94. Gan mau tanya saya punya kompor induksi listrik kalau di buat manggoreng ngak bisa kenapa ya? Hanya kalau on di nyalakan muncul tulisan 1300 terus berubah 80 derajat . Untuk watt nya ngak muncul . Gimana solusi memperbaiki nya

    BalasHapus
  95. buat menggoreng bisa
    gunakan saya wajan yang bawahnya datar

    BalasHapus
  96. pak kmpornya njenengan apa masih dipakai sampai sekarang? hehe
    ga pernah kliatan di jne pak.

    BalasHapus
  97. udah sejak tahun 2012 komen di blog ini, balik komen lagi. hehe
    mau tanya apa kabar kompor induksinya. :D

    BalasHapus
  98. kompor induksi masih exsis menemani. padahal kompor gasnya udah beberapa kali ganti. haha
    jne biasa ke agen karena sekarang agen buka sampai malam

    BalasHapus
  99. Hallo, saya tertarik untuk menggunakan kompor induksi ini, saya tinggal di kostan, tapi saya pake ac kulkas dispenser dan magicjar,dipake bersamaan dan tidak ngejeglek mati listriknya kecuali ada yg koslet, dan saya tidak tau berapa daya watt kostan saya, jadi kira kira apakah saya bisa pake kompor induksi ini karena praktis bisa masak didalam kamar.

    BalasHapus
  100. kalau pakai ac dan kulkas kuat. maka kompor induksi juga kuat

    BalasHapus
  101. Utk panci teflon spt maxim, apa bisa juga dipakai di kompor IH ?
    apa ada perawatan khusus utk kompor IH ?

    BalasHapus
  102. teflon sendiri hanyalah lapisan tipis. intinya pada pancinya sendiri apakah berbahan ferro. panci jenis ini biasanya bisa walaupun mungkin ada yg tidak bisa. bisa cek pakai magnet
    kompor ih nyaris tanpa perawatan. yg penting daleman tidak terkena air saja

    BalasHapus
  103. klu mau service kompor induksi dmn gan.yg empat tungku

    BalasHapus
  104. coba bawa ke service elektronik terdekat

    BalasHapus
  105. kompor induksi angkatan awalnya berapa watt?

    BalasHapus
  106. ya sama aja gan
    mau angkatan atau dah jalan sekian jam sama
    karena memang dah efisien
    jangan samakan teknologi kompresor ac, kulkas, atau seterika

    BalasHapus
  107. bisa dikasih perbandingan antara watt yg dibutuhkan dg lama waktu yg dibutuhkan. Misal,untuk memasak air, 200 watt menghasilkan suhu sekian, sehingga dibutuhkan waktu sekian menit untuk memanaskan air hingga mencapai suhu sekian; untuk 300 watt sekian, dst, dst sampai suhu maksimal. terima kasih.

    BalasHapus
  108. ada baiknya bapak mempelajari lagi bagaimana pembahasan cara kerja kompor induksi. dan membaca diskusi yang telah dibuat, sehingga bapak bisa punya gambaran lebih baik tentang kompor induksi
    sehingga pertanyaan bapak Anonim seputar watt 200 suhu sekian, watt 300 suhu sekian bisa terjawab dengan jelas

    BalasHapus
  109. pak tarif listrik sekarang kan dah naik lumayan, apakah kompor induksinya sekarang masih dipake buat masak sehari2? apakah kembali pake gas lagi? :D

    kalo punya saya cuman kadang2 dipake buat masak mie aja sih. hehe

    BalasHapus
  110. bagaimanapun kepraktisan kompor induksi tidak bisa dikalahkan oleh kompor gas
    tidak repot beli gas. pasang tabung
    media memasak yg aman (tidak panas)
    sehingga secara pemakaian tetap tidak berubah

    BalasHapus
  111. Itungannya harusnya dikoreksi tuh mbak, kan kalo pake IH masalnya jauh lebih cepet ketimbang pake gas, jadi 1 jam gas gak sama dengan 1 jam pake IH, jadinya lebih hemat lagi
    Baru sebulan pake kompor IH merk midea, nyesel sayaaa ,,,,,
    Nyesel kenapa gak dari dulu aja pake kompor IH gak ribet lagi gonta ganti gas, panas, belom resikonya
    Trus enaknya tuh cepet banget, masak pake 500watt aja cepet banget mendidihnya, kalo goreng goreng pake 700w sih lebih cepet lagi, apalagi pake yang 900w plus plus, cepernya kaya apa tuh ??

    BalasHapus
  112. selamat siang gan, saya punya kompor induksi, dari sejak dipasang belum pernah dipakai (th 2011) dan sekarang rusak.
    kalo mau perbaikan dimana njih
    saya lokasi di Solo.
    mohon pencerahnnya
    matur tengkyu

    BalasHapus
  113. coba dibawa ke tukang service elektronika

    BalasHapus
  114. Kompor induksi saya merk cymba. Permukaannya kalau dipegang tabgan setelah dipakai panas sekali.
    Wajar ga ya?
    Atau semua kompor ih memang panas setelah dipakai?

    BalasHapus
  115. Sesuai dengan penjelasan. kompor induksi itu tidak panas
    paling paling cuma hangat
    abdaikan panas itu karena efek panci yg panas dan panci bersentuhan langsung dengan kompor
    jadi bukan keramik kompor yg memanasi panci
    tetapi panci yg memanasi keramik kompor

    BalasHapus
  116. Saya kepengen beli kompor induksi tapi takutnya listrik dirumah ga narik.
    Listrik dirumah saya 1300w
    kita udah pakai ac, tv,kulkas 2pintu, mesincuci samsung 330w, rice cooker 400w, dup air 350w. Kalau ikut kompor induksi masih narik ga?

    BalasHapus
  117. Ada refrensi kompor induksi yang cocok untuk daya 1300w?

    BalasHapus
  118. seharusnya semua kompor induksi satu tungku cocok gan

    BalasHapus
  119. Blm lama aku beli untuk ibu ku..dpt harga 525rb...tapi sampai sekarang masih utuh blm di coba cuma di simpan saja...ya begitu deh orang tua ๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  120. Sy sdh 2 kali ganti kompor, cosmos irit tp permukaan nya stlh hampir setahun sedikit legok(mungkin tergantung pemakaian), Midea bagus dapat telfon harga 200rban sebagai bonuS tampilan mewah banget, tidak seirit cosmos, saat ini rusak soalnya lapisan pelindungnya terkelupas dan bikin panelnya Ga fungsi( ini salah pemakaian karena suka netes saat nge-soup), saran sih kalo pakai kompor induksi panci emang harus pake yg bawaannya kalo pas ngesoup...Walaupun kegedean tp gunanya biar gak ada uap air yg menetes. Setiap kompor rata2 setahun saya gunakan. Saya masak 3 kali sehari untuk goreng lauk n sayur. Untuk rebus air sy pake teko listrik. Nasi dengan magic com. Jadi kompornya cm masak lauk n sayur simpel 3 kali sehari. Listrik 1300, tanpa AC, tv LED. Waktu tv blm LED ga bisa make kompor..jeglek..Memang sebaiknya elektronik diperbaharui jg.. Supaya hemat listrik nya.

    BalasHapus
  121. Jadi merk kompor listrik yg awet itu apa ya jaman sekarang? (Dan harga sesuai dengan kualitasnya) mau coba

    BalasHapus
  122. DENGAN KENAIKAN TDL sekarang ..
    Dah Gak Masuk Lagi Hitungan Efesiensi NYA...
    KACIAN..
    NKRI Kaya Tapi ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya TDL per KWh sekarang Rp.1.350 ,kalau masak pakai kompor IH daya 2.000 watt tinggal itung kl rata rata perhari masak selama 1 jam : Rp.1.350 x 2 kw : Rp.2.700 x 30 hari : Rp.81.000 per bulan.sementara harga gas lpg 3 kg cuma rp.17.000 s/d rp.20.000 ,utk rumah tangga rata2 paling sebulan 2 tabung jg gak habis dan itu, tdk lebih dari 40 ribu.Sdh tidak effisien lagi kompor listrik IH

      Hapus
    2. Wah hitungan anda ga fair tuh.
      Anda pakai hitungan kompor induksi 1jam per hari, tapi gak ada rincian gas 1 jam perhari x 30.
      Trus pemakaian 2000 watt perhari itu jelas keluarga mampu, harusnya disetarakan dengan gas yg 12kg dong.

      Hapus
  123. Bagusan mana ya induksi atau halogen,yg SDH pake mohon bagi pengalaman nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya beda fungsi ya gan
      jadi ada kelebihan dan kekurangan

      Hapus
  124. misi gan ini biasanya ic nya type apa ya,,
    ic kompor saya kebakar
    yg kaki 4

    BalasHapus
  125. Saya bner² tertarik tp msih gk sependapat sm suami buat gnti kompor gas ke induksi.

    Dr smua info yg sya baca di atas sngt membantu untk reverensi. Tp ada yg msih membuat saya bertanya. Mhon pencerahan na ya?

    1.Rak kompor saya sblh an sm wastafel, maklum saya tinggal di rusunawa. Bhya gk klo diletakkan dkat wastafel?
    2.Untuk colokan nya, apa lbih baik pake colokan lgsg ato bleh pake kabel rol dan sejenis nya? Krn klo sprt kulkas stau saya gk bleh pake kabel roll.
    3.tlg beri tips untuk memasak kuah agar tdk tumpah ke permukaan kompor krn klo msak puding kan biasa nya klo mendidih psti naek busa nya.
    4.klo kena cipratan minyak saat menggoreng, bhya gk klo nyiprat ke kabel? Tlg saran dan tips penempatan kabel kompor yg baik dan benar donk kak. Biar sya jg gk was².
    5.Sebaiknya kabel ttap terpasang truz atau cabut colok hnya saat digunakan?

    Terimakasih dan mhon maav atas kelebihan pertanyaan๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. saya sarankan jangan dekat. listrik tidak boleh dekat dengan air
      2. bisa menggunakan kabel roll kualitas bagus. tapi baiknya langsung stop kontak
      3.
      4. antara kompor dan wajan bisa dikasih kertas koran. tenang. aman kok. tidak akan terbakar karena memang tidak ada api. dan kerja kompor tidak akan terganggu karena memang prinsip kerjanya induksi
      5. bebas sih

      Hapus
  126. Waduh sy lihat di mall merk tsuinzu harganya kok 4.998.000 garansi 3 th apa ini karena kualitas yg bagus? Dengsn harga segitu dpt hadiah panci presto.

    BalasHapus