14 Jun 2010

K-Touch SMART E329 : Ponsel Dual ON CDMA GSM Pertama untuk Smart di Indonesia

Copas dari sebelah
Kami gak menjamin seluruh data akurat
segala resiko atas kesalahan data tanggung sendiri

Akhirnya setelah 2 tahun menunggu sebuah ponsel Dual ON CDMA GSM local yang sanggup menjalankan operator SMART bahkan mampu menjadi modem CDMA muncul. K-Touch SMART E329 hadir dengan berbagai fasilitas dan fitur yang mengagumkan dan menggiurkan.
K-Touch Smart E329
K-Touch Smart E329
Fitur-fitur Utama:
  • Dual ON CDMA GSM (CDMA 800/1900 / GSM 900 MHz – 1800 MHz)
  • Support EV-DO Rev A
  • Support GPRS
  • Support JAVA Applications dengan kemampuan multitasking
  • Layar jenis TFT, resolusi 320 x 240 pixels diagonal 2.4″ dengan kedalaman 262K warna
  • Memiliki microSD card slot up to 8GB
  • Kamera 2 MP
  • Video Recorer
  • Video Player
  • FM Radio
  • Music Player
  • Bluetooth
  • Black List dan Red List (voice dan sms)
  • MP3 Ring tone (termasuk sms dan mms)
  • Touchscreen dan handwriting
  • Memiliki standard universal audio jack yaitu 3.5 mm
  • Lengkap dengan PC Suite
  • PC Web cam
  • Video Editor
  • Phonebook hingga 2000 kontak
  • Kemampuan Copy Paste
  • Mampu mengcroping video
  • Image Editor
  • Sent Item SMS
Kekurangan:
  • Kamera tanpa flash dan auto fokus
  • Ruim dilock. CDMA hanya bisa diisi kartu Smart, Lokal Plus dan Frens.

Paket Pembelian

Pada paket pembelian yang didapatkan adalah sebuah handset K-Touch SMART E329, batere model K-Touch SMART E329 1300 mah, 1 headset stereo 3.5 mm, K-Touch charger TL998D19, kabel data, cd driver, buku manual dan kartu garansi serta dus.
K-Touch Smart E329 Kelengkapannya
K-Touch Smart E329 Kelengkapannya
Pada paket yang kami terima tidak ada bonus Micro SD yang kami dapatkan, yang ada hanyalah Bonus Unlimited Mobile Broadband (Platinum) 100 hari + pulsa Rp. 10 ribu.

Ukuran dan Desain

K-Touch SMART E329 berdisain candy bar dengan model agak melengkung di ujung-ujungnya dan sekilas apabila diperhatikan Dpad dan keypadnya agak sedikit mengingatkan akan produk-produk Nokia. Ada logo smart di atas Dpadnya dan di kanan atas layar ada tulisan E329 disamping speaker yang terletak diatas layar.
K-Touch Smart E329 Tampak Depan
K-Touch Smart E329 Tampak Depan
Pada bagian samping atas dari bodinya terdapat audioport 3.5 mm dan lubang gantungan hp, di sebelah samping kanan bodinya terdapat tombol volume, tombol kamera dan port charger USB (data) lalu di bagian bawah dan samping kiri tidak terdapat tombola tau port apapun.
Di bagian belakang terdapat kamera di sebelah kiri dan speaker di sebelah kanan serta logo KTouch dibagian bawah penutup baterenya.
K-Touch Smart E329 Tampak Belakang
K-Touch Smart E329 Tampak Belakang
Apabila penutup bateenya dibuka maka tampaklah SIM dan UIm yang terletak bertumpuk (SIM diatas UIM) dan disamping kanannya sebuah tempat untuk Micro SD serta batere di bawah letak mereka. Di bagian kiri terletak sebuah pena touch screen dari K Touch Smart E329. Dalam hal ini K-Touch SMART E329 menggunakan batere 1300 MaH pada saat pengujian cukup awet baterenya.
K-Touch SMART E329 memiliki ukuran desain 11.7 x 5.1 x 1.3 cm, memiliki bahan plastic dengan sedikit bahan karet warna hitam dof dan sedikit bagian list yang berupa aluminium berwarna grey metalik sangat berkelas dan finishingnya tidak seperti ponsel local kebanyakan.
K-Touch SMART E329 menggunakan Dpad sebagai tombol navigasinya dan dan secara default kegunaan dari tombol Dpad tersebut utuk tombol ke kiri adlah Write Messages, tombol ke kanan calendar, tombol ke bawah Phone book dan tombol ke atas Audio Player. Sementara tombol tengah adalah Shortcut menu yang tampil dengan mode grid icon 3 x 3 yang bisa dipersonalisasi pilihan shortcutnya. Untuk Dpad juga bisa dipersonalisasi melalui Menu Utama >> Settings >> Phone Setup >> Dedicated Key. Anda tinggal mengganti Up, Down, Left, Right sesuai pilihan Anda.
Shortcut Menu K-Touch Smart E329
Shortcut Menu K-Touch Smart E329
Dari desain, kenyamanan genggaman dan kenyamanan penggunaan keypadnya maka bisa dikatakan K-Touch Smart E329 memiliki nilai yang mendekati sempurna.

User Interface

Setelah melihat desainnya maka kita akan melihat kekuatan layar K-Touch SMART E329, dimana K-Touch SMART E329 menggunakan layar berjenis TFT berdiagonal 2.4 inchi dengan kedalaman warna 262,144 warna beresolusi 320 x 240 pixels. Pada desktop wallpapernya tampak di pojok kiri atas signal CDMA bertuliskan EV dan 1x berdampingan dengan signal GSM. Disampingnya letak icon SMS, disampingnya lagi icon profile, icon lock dan power serta di pojok kanan atas ada jam dan batere indikator.
Di bawahnya sebuah jam digital besar (seperti yang Nampak di beberapa ponsel merek ternama disertai indicator tanggal dan hari) dimana dibawahnya ada penanda operator yang digunakan UIM dan SIM. Softkey yang ada di bawah berturut-turut menun, call dan phonebook.
Satu kelebihan dari K-Touch SMART E329 adalah adanya kemampuan Touch Screen pada layarnya. Sensitifitas Touch Screennya bisa diatur pada menu utama >> Settings >> phone setup >> touch screen settings. Di sana ada pengaturan tentang Pen Calibration, Hand writing dan Touch Panel On / Off.
Tampilan Menu pada K-Touch Smart E329
Tampilan Menu pada K-Touch Smart E329
Untuk menu utama K-Touch SMART E329 terdiri dari 12 icon dengan format tampilan Grid 4 x 3 dan sub menu perpaduan beberapa menggunakan ikon dan beberapa tetap standard list biasa. Iconya akan terzoom setiap kita memilih sebuah menu. Sungguh kreatif desainer dari interface K-Touch SMART E329.
Selain kemampuan Touch Screennya K-Touch SMART E329 juga memiliki kemampuan shake control untuk mengganti wallpapernya yang bisa diaktifkan atau tidak lewat Mnu Utama >> Settings >> Display Characteristics >> Switch Pic. Disana tersedia pilihan Active Swicth Wallpaper By Shaking, Play Audio when Switch dan Swicth Wallpaper untuk memilih letak wallpaper yang akan di switch apakah menggunakan wallpaper yang telah disediakan (hanya ada dua wallpaper) atau menggunakan wallpaper pilihan kita di memori eksternal microSD kita (jangan lupa wallpaper menggunakan ukuran 240 x 320).
Tampilan Menu Utama K-Touch Smart E329
Tampilan Menu Utama K-Touch Smart E329
Untuk mengganti wallpaper secara manual Anda bisa menggunakannya dengan cara Menu Utama >> Settings >> Display Characteristics >> Wallpaper, Anda bisa memilih wallpaper dari system yang hanya dua atau dengan gambar / photo pilihan Anda. Hal ini juga berlaku untuk Startup logo dan shutdown logo serta screen saver.
K-Touch Smart E329 memberikan kualitas yang berbeda dari sebuah tampilan interface ponsel lokal yang biasanya monoton dengan sebuah tampilan yang lebih kreatif.

Phonebook, Panggilan dan Pesan

K-Touch SMART E329 menyediakan kapasitas penyimpanan phonebook yang besar hingga 2000 kontak yang setiap kontaknya terdiri dari beberapa isian field diantaranya Nomor telepon utama, Nomor telepon rumah, Nomor fax dan Nomor Telepon Kantor. Sementara field isian lainnya seperti biasa Nama, Nama Perusahaan, Email address, Tanggal Lahir, Photo / Gambar (ini muncul saat kita ditelepon atau menelepon), Video, Sound (ringtone khusus kontak tersebut) dan caller group. Kita bisa menambahkan lewat menu utama >> phone book ataupun dari nomor yang kita tulis >> Option >> Save Contact. Nah kelebihan dari K-Touch SMART E329 adalah kemampuan menambahkan nomor baru kedalam kontak yang sudah ada, hal ini belum dapat dilakukan pada ponsel local selama ini yang pernah dicoba sebelumnya.
Kami juga menguji kualitas suara panggilan keluar dan panggilan masuk dari K-Touch SMART E329 dan hasilnya memang benar-banar memuaskan karena kami sama seali tidak mengalami kendala dan tidak terjadi noise ataupun kekurangan baik saat kita memanggil maupun saat kita menerima panggilan. Kualitas suara yang dihadirkan sangat jernih bagi penerima maupun bagi kita yang menerima panggilan.
Secara manual memang tidak tersedia tombol pemisah panggilan antara CDMA dan GSM tetapi pada saat Anda melakukan pemencetan nomor telepon maka pada layar muncul panel keyboard touch screen yang salah satunya adalah tombol call CDMA dan call GSM. Sehingga jika Anda tidak ingin repot Anda bisa langsung menekannya.
Untuk fasilitas Messaging K-Touch SMART E329 memiliki kemampuan untuk mengirimkan dan menerima SMS dan MMS, Chat dan Broadcast Messages. Yang istimewa adalah pada saat kita melakukan Send sebuah messages untuk K-Touch SMART E329 telah memiliki fitur seperti layaknya ponsel-ponsel keluaran Nokia yang bisa langsung menyimpan hasil sending ke dalam folder Sent Item.
Untuk editornya tersedia cara manual menggunakan keypad ataupun menggunakan touch screen dengan keyboard mini di bawah layar message. Sementara itu tersedia pula fasilitas handwriting pada K-Touch SMART E329 dimana jika menulis dengan fasilitas ini ternyata saya tidak merasakan kesulitan dengan layar K-Touch yang cukup bagus menerima semua masukan huruf yang dimasukkan. Selain itu tersedia beberapa format teks pada editor K-Touch SMART E329 dan Anda dapat melakukan copy paste sms pada K-Touch SMART E329.

Fitur Multimedia

Pada fitur multimedianya K-Touch SMART E329 menyediakan beberapa fitur diantaranya Camcorder, Image Viewer, Video Player, Audio Player, Sound Recorder, FM Radio (harus memasang headset dan bisa direkam), DIY Studio (Slide Show, Image Tiles, Photo Artist, Melody Composer, Video Editor).
Multimedia K-Touch Smart E329
Multimedia K-Touch Smart E329
Camcoder digunakan untuk mengaktifkan kamera atau video recorder yang akan kita bahas pada ulasan berikutnya, Image Viewer digunakan untuk melihat semua gambar yang ada di folder photo (kita bisa mengaturnya apakah mau melihat yang ada di memory internal ataupun memory eksternal. Dan dengan image viewer gambar bisa dilihat secara list atau secara gird 3 x 3 (matrix). Juga disediakan fitur slide show pada Image Viewer yang bisa diatur tipe slide shownya, speednya, effect perpindahan slide, dan background music, lalu horizontal view dan suara perpindahan antar slidenya. Di Image Viewer juga disediakan fasilitas untuk mengedit gambar yang ada dengan mengauto resize, main lcd clip, manual clip. Tersedia pula bantuan untuk mengclip. Gambar yang dilihat di Image Viewer juga bisa dikirimkan via MMS ataupun Bluetooth. Gambar bisa diurutkan tampilannya berdasar nama, tipe, waktu, ukuran atau tidak sama sekali. Tentunya kita juga bisa mengganti nama dan menghapus gambarnya pula.
Video Player pada K-Touch Smart E329
Video Player pada K-Touch Smart E329
Video Player digunakan untuk memainkan file-file Video berupa mp4 dan 3gp. Video Playernya juga menyediakan setting Brightness, Contrast, dan Autorepeat, serta fitur untuk membuat gerakan cepat dan lambat. Video yang dimainkan bisa ditonton dengan jelas dengan ditunjang ketajaman layar K-Touch SMART E329 dan kemampuan untuk memainkan filenya baik secara horizontal maupun vertical.
Audio Player pada K-Touch Smart E329
Audio Player pada K-Touch Smart E329
Audio Player digunakan untuk memainkan file MP3, midi, MP4 bahkan suara 3gp, pada saat kita merefresh list maka anehnya semua file video juga termasuk file yang akan diperdengarkan dan jika dimainkan maka akan terdengar suaranya saja. Pada menu Option dari Audio Playernya tersedia pilihan Current playlist (yang saat ini ada), Musiclist (All Song, Artists, Album), Refresh Musiclist, Set Playlist (membuat playlist sendiri) dan Settings (Player Settings, Display Sttings, Sound Effects dan Bluetooth Setting). Pada dasarnya K-Touch SMART E329 selain menampilkan interface Audio Player yang berbeda dari ponsel local kebanyakan juga menampilkan setting yang lebih baik apalagi playernya memiliki 3 skin yang bisa dipilih. Suaranya pada suara maksimal tidak terdengar pecah, K-Touch SMART E329 bisa dibilang cukup memperhatikan kualitas musiknya.
Sound Recorder digunakan untuk menyimpan suara seperti layaknya tape kecil yang digunakan wartawan, bisa disimpan di memori internal maupun eksternal dengan format hasil rekaman AWB, AMR, dan WAV. Kualitasnya bisa diatur Low atau High.
RadioFM K-Touch SMART E329 bisa digunakan dengan cara mencolokkan paket handsfree 3.5 mm yang didapatkannya. Tampilannya cukup atraktif dan tersedia 29 channel yang bisa diisi untuk tempat penyimpanan channelnya. Tersedia Schedule FM Record dan Schedule menyalakan Radionya pada K-Touch SMART E329. Format recordnya bisa disimpan dalam hasil AWB, AMR ataupun WAV. Cukup memiliki kelebihan pula fitur Radio FM milik K-Touch E329 ini.
Radio pada K-Touch Smart E329
Radio pada K-Touch Smart E329
Fitur Multimedia yang terakhir adalah DIY Studio yang berisi Slide Show, Image Tiles, Photo Artist, Melody Composer, Video Editor. Slide Show untuk menampilkan gambar secara slide pada folder-folder tertentu, Image Tile untuk menampilkan beberapa gambar secara tile 2, 4 atau 9 gambar dan kemudian disimpan sebagai gambar baru dalam format jpg. Photo artist bisa Anda gunakan untuk mengedit ukuran photo Anda. Sementara Melody Composer bisa Anda gunakan sebagai sarana untuk menciptakan ringtone sendiri yang akan disimpan sebagai file imy. Sementara kelebihan K-Touch SMART 329 lainnya adalah adanya Video Editor yang bisa digunakan untuk mengedit video yang kita miliki.
Sungguh sebuah ponsel local yang tidak hanya memperhatikan kualitas desain tapi fitur multimedianya juga sangat diperhatikan dari K-Touch SMART E329.

Fitur Kamera

K-Touch SMART E329 memiliki kamera dengan kekuatan 2 Mp yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 1600 x 1200 pixels. K-Touch SMART E329 memiliki beberapa resolusi 2 Mp, 1 MP, VGA, QVGA dan Wallpaper. Selain interfacenya yang berbeda dengan kamera ponsel local kebanyakan, dimana interfacenya menyerupai sebuah kamera digital. Dan hasilnya juga sangat mengagumkan, hasil pada saat cahaya yang biasa tidak terang dan tidak gelap tetap bisa dianggap sempurna.
Kameranya memiliki setting Capture Mode, Image Size, Self-Timer, White balance, Effects, Advance Setting (Storage, Image Quality, Time Stamp, Shutter Sound, Remove Flicker dan Restore Deafult Setting).
Video Recorder pada K-Touch Smart E329
Video Recorder pada K-Touch Smart E329
Kamera K-Touch SMART E329 seperti halnya ponsel lainnya juga bisa dijadikan sebagai sebuah video recorder dengan pilihan resolusi mulai 720 x 480 (D1), 640 x 480 (VGA), 320 x 240 (QVGA) dan 176 x 144 (QCIF).
Video recordernya memiliki beberapa setting diantaranya Scene Mode, White Balance, Effects, Record Limit, Advanced Setting (Storage, Video Quality, Record Audio, Remove Flicker dan Restore Default Setting). Videonya akan dismpan dalam bentuk 3gp file.

Fitur File Manager

Memory internal K-Touch SMART E329 cukup besar disbanding dengan ponsel local lainnya yang pernah ada dimana totalnya adalah 43.8 MB dan masih bisa ditingkatkan dengan dukungan memory eksternal berjenis MicroSD.
Untuk mengakses isi dari MicroSDnya pada K-Touch SMART E329 telah disediakan sebuah aplikasi File Manager dengan folder-folder seperti Images Audio, Others, Wallpapers, Java, Ebook, Photo, dan Video serta mythroad dan Received.

Fitur Organizer dan Aplikasi-Aplikasi Lainnya

Fitur-fitur K-Touch SMART E329 cukup lengkap diantaranya Calendar, Alarm, Todo List, World Clock, Schedule Power On/Off, Time Sharing, Games (Puzzle, Push Box, WinLinez); Motion Games (Dice); Ebook Reader; MSN Live; Calculator, Converter, Health, Stopwatch.
Selain itu disediakan beberapa aplikasi JAVA seperti Candy Bomb, Opera Mini 4.2, Puzzle Bubble, Int Hunt dimana program JAVA yang dijalankan bisa di minimize (multitasking) sehingga pada saat sedang menjalankan program JAVA dan ada sms masuk maka kita bisa meminimize program JAVAnya tanpa mematikannya dan setelah membaca smsnya, kita bisa melanjutkan menjalankna program java kita tadi.
Fitur lainnya yang juga merupakan salah satu kelebihan dari K-Touch SMART 329 adalah SMS tone dipisahkan antara UIM dan Sim, SMS tone bisa menggunakan file MP3, MMS Tone CDMA bisa diatur pula, ada fitur blacklist nomor hingga 20 nomor individu, group atau exclude phonebook dan Ada fitur black list sms hingga 20 nomor.

Konektifitas

Pada jalur konektifitas Internet K-Touch SMART E329 mengandalkan kemampuan teknologi modern EV DO rev A yang terbukti pada saat pengujian kecepatannya cukup mengagumkan pada saat saya melakukan browsing menggunakan Opera Mini 4.2 yang telah terinstall di dalamnya.
Selain itu K-Touch SMART E329 juga mengandalkan koneksi GPRS untuk teknologi GSMnya, sehingga bisa dikatakan bahwa K-Touch SMART E329 bisa dibilang ponsel CDMA GSM untuk SMART yang pertama dan terlengkap saat ini.

Kesimpulan

Dari sisi desain K-Touch SMART E329 sangat elegan, dan dari fitur benar-benar sangat mengagumkan sampai-sampai saya merasa kesulitan menemukan kekurangan dari ponsel GSM-CDMA yang satu ini

Perintah Khusus


Version information * # 0000 #
* # 0044 # dial-language set to English
* # 0086 # dial-language set to Simplified Chinese
* # 8715 # dial Unknown
* # 06 # IMEI (serial number)
* # 88 # unknown
* # 526 # LCM_ID
* # 8375 # software version
* # 3641 # engineering mode
* # 36 * # engineering test mode
* # 87 # unknown
* # 33778 # unknown
* # 523 # unknown
* # 678 # unknown
* # 876 # unknown
* # 6810 # unknown
# # # 765 * 05 # locked
# # # 765 * 08 # to unlock
# # # 765 * 02 # Add data
# # # 765 * 07 # Remove data
# # # 765 * 78 # Close
* # 1234 # A2DP mode switch (Normal / PST)
* # 900 # BT Local Test (Bluetooth local test)
* # 901 # BT Local Test1
* # 931 # BT_PTS_SIMAP_Graceful_Disc_Type
* # 932 # BT_PTS_SIMAP_Immediate_Disc_Type
* # 933 # BT_PTS_SIMAP_PRS
* # 902 # unknown
* # 903 # unknown
* # 84266 # open the vibration
* # 842 633 # Close vibration
* # 8929 # master clear command
* # 8924 # activate the Bluetooth
* # 8714 # on / off? ?
* # 8958731 # Tianyu Copyright
* # 8802 # Camera I2C Test
* # 8803 # Camera Test
* # 8809 # CDMA Power On Fre
* # 8810 # signal strength level
* # 8378 # TIANYU UA Test
* # 8888 # ENGINFO & VDEBINFO
* # 8675 # into the current automated test
* # 8933 # to complete? ?
* # 3366 * # turn off the screen (press the right function key to launch the specific function is not clear)
Enter * # 8808 # text test
* # 8265 # reset (factory mode)
** 04 * Unknown
** 042 * Unknown
** 05 * Unknown
** 052 * Unknown
* 7525 # unknown
# 7525 # unknown
* # 7525 # unknown

dari data di atas yg paling sering aku pakai adalah *#3641#

79 komentar:

  1. Terima kasih untuk kode khususnya mas

    BalasHapus
  2. sama2. kita juga maunya menyimpan ini. biar gak lupa. semoga bisa bermanfaat. kita bisa saling sharing.

    BalasHapus
  3. Pak, Kalau setting MMS-nya gimana?
    Saya coba MMS-nya kok fail terus ya ...
    Juga untuk Konektifitas GPRS untuk GSM-nya, sepertinya kok ndak bisa. Kalau punya contekan-nya pak, mohon di-share supaya kita bisa coba sama-sama. Matur Nuwun.

    BalasHapus
  4. HP ini memang dilock untuk GSMnya. sehingga kita gak bisa kirim MMS dan connect GPRS via GSM.
    GSM hanya bisa buat call dan sms aja
    smart memang smart.
    mari kita lebih smart dari smart

    BalasHapus
  5. Ada beberapa membaca yg menanyakan Cara mengisi tanda tangan /sign.
    berikut saya sharingkan aja caranya. mungkin saja ada yg belum tahu.
    Dari menu utama Pilih Pesan
    Masuk Pesan
    Pilih Pengaturan Pesan
    Pilih Pengaturan Pesan
    Pilih No 6. tanda Pengirim
    Di situ terdapat 3 pilihan
    1. info ttd
    2.status ttd
    3. tempat ttd.
    info ttd berisi pesan yg ingin ditampilkan
    status ttd. pilihan apakah tandatangan/sign mau ditampilkan apa tidak

    BalasHapus
  6. Bagi penggemar install Java. ada saran nih agar tidak mengisi mikroSD dengan kapasitas 4GB atau lebih. karena akan membuat HP tidak mampu mengelolanya. Kapasitas 4GB cuma ideal buat yg senang merekam video, tetapi tidak suka install aplikasi

    BalasHapus
  7. Saya termasuk yang mencari2 info ttg TTD diatas.

    Info tsb sangat berguna karena di buku panduannya sendiri tidak ada.
    terima kasih banyak kpd pengelola blog ini..

    abu haitsam

    BalasHapus
  8. Saya minta solusi nih, saya blm merasakan HP E329 ini lbh cepat. Kayaknya sama aja tuh Pak, sebelumnya saya pake Smart Qualcom, malah lebih cepat dari hp ini.
    Padahal sinyal lumayan bagus di tempat saya.yang edvo-nya juga lumayan.
    Kenapa tuh, apa ada settingan yg salah, baik di hp-nya ataupun di PC saya?

    Mohon solusi

    BalasHapus
  9. setahu saya saat ini smart memang lemot.kebanyakan yang pakai kali. dulu waktu pertama aku pakai E329 bisa tembus 3Mbps. sekarang kecepatan segitu tinggal mimpi. paling cuma bisa 300kbps atau sekitar 37kB/s.
    masalah trik gak ada.
    aku pernah coba beberapa trix yg dishare di internet. ternyata sama saja.
    untuk kasus ini mohon maaf belum bisa bantu. mungkin agan yg lain bisa bantu??

    BalasHapus
  10. bagaimana cara setting GSM utk sms menggunakan Telkomsel..saya coba selalu failed, baik untuk kirim dan menerima sms. (utk telp tidak ada masalah).

    Please Help.

    Nies

    BalasHapus
  11. Biasanya kegagalan kirim dan terima sms pada semua HP GSM adalah karena SMS centernya yang salah. mungkin saja secara tidak sengaja mengganti sms centernya.
    Berlaku pada semua HP GSM. silahkan cari sms center pada HP lain dengan operator yg sama. lalu masukkan nomor sms center tersebut ke nomor sms center pada hp yang bermasalah.
    Panduan buat E329 dengan operator telkomsel
    Dari menu utama
    Pilih Pesan
    Pesan
    Pengaturan Pesan
    Pengaturan Pesan
    Pengaturan SMS GSM
    Pengaturan Profil
    Profil 1
    Pada baris 2 silahkan ganti/isi sms center menjadi +6281100000 (nolnya ada 5)
    semoga berhasil

    BalasHapus
  12. saya baru beli hp nya tapi , ketika di coba internet tapi tidk bisa ada tulisan perangkt tidak ditemukan, baaimna solusi nya?
    dan kalau saya ingin menambah aplikasi bgaimana ?

    BalasHapus
  13. yang dimaksud dicoba internet itu gimana? apakah coba internet di HP atau sebagai modem.
    kalau sebagai modem, install dulu cd bawaan HP. setelah terintstall maka HP sudah siap menjadi modem. klik aja tianyu cdma modem.exe
    setelah tersambung internet maka anda siap untuk berselancar.
    Untuk menambah aplikasi silahkan cari aja aplikasi berbasis java. banyak terdapat di internet kok.
    coba aja buka melalui browser bawaan HP \\wap.getjar.com
    karena hp ini tidak dikenali oleh getjar, maka pilih aja aplikasi java. lalu silahkan pilih program aplikasi yg anda inginkan

    BalasHapus
  14. maz, la kenal aq ika
    q baru ja beli hpe kyak gitu
    tapi aq kesulitan waktu mau nge-refresh musiknya n ternyata gak bisa
    n ada tulisannya "gagal membuat data musik"
    padahal mp3 nya udah q masukin semua ke folder "my music"

    BalasHapus
  15. mohon kasih data yg lengkap. merek hp, type, ada mikrosd gak? merek? kapasitas. jangan lupa kasih nama. biar kita bisa saling kenal

    BalasHapus
  16. aq ika maz.. aq baru beli hape K-touch E-329.. udah q kasih microSD 2G.. Awalnya seh dengerin musik gak ada masalah, bahkan waktu nambah lagu juga gak ada masalah. tapi gak tau kenapa waktu daftar lagunya q hapus n q ganti lagu2 lain, eh ternyata gak bisa ngereresh jadi gak bisa denger lagu lewat pemutar audionya.. trus punya solusi gak maz... bingung juga neh, hape baru tapi kok udah ada gak beresnya.. makasih sebelumnya...

    BalasHapus
  17. HP ini dalam management filenya dah bagus. tidak seperti HP china pada umumnya. sehingga kita bebas menempatkan lagu dimanapun kita inginkan. tidak harus di folder music.
    Coba aja buka pemutar music. lalu masuk menu pilihan.
    Coba refresh music
    lalu pilih daftar music
    silahkan pilih: semua music, artis atau album
    silahkan dicoba
    semoga music yang hilang segera diketemukan

    Dalam kasus yang lain, mungkin kita pernah melepas mikroSD secara kasar, misalnya tidak mematikan HP terlebih dahulu
    untuk kasus ini, solusinya adalah dengan dipancing pakai mikroSD lainnya. jadi harap siapkan mikroSD lainnya untuk menjalankan cara ini
    prosedurnya:
    matikan HP
    lepas mikroSD
    ganti dengan mikroSD yang lain
    (cek apakah mikroSD sudah terdetect)
    matikan HP
    lepas mikroSD
    ganti dengan mikroSD asli (yg bermasalah)
    maka miroSD yg bermasalah udah OK dan normal kembali

    salam
    Fajar

    BalasHapus
  18. aq susnodiuji,
    Mnurut aq e329 cukup bgs dgn fitur2nya, hanya colokan kabel usbnya ngk dipasang dgn kuat kl sering dicabut-colok, colokan usbnya akan terlepas dr tempatnya. Sedangkan koneksi internet via bluetooth modem settingnya tdk mudah dibndingkan dgn hp nokia. Sampai skrng msh blom ketemu. Karena bgitu masuk tahap authentication username n password profile DUN-nya langsung terputus.
    Tolong kasih bocoran cara2 setting koneksi lewat modem bluetooth E329, sekalian code bt unlock UIM.
    Terima Kasih atas bantuannya Pak Fajar Najakhi.

    BalasHapus
  19. buat bung susnodiuji.
    maaf sekali untuk kasus bung aku belum bisa.
    barangkali ada bung yg lain yang bisa bantu?

    BalasHapus
  20. wahh,,, info menarik nee,,,
    ane mau tanya nee,,,, : "Memiliki microSD card slot up to 8GB".
    emang bener apa????

    BalasHapus
  21. sebagaimana komentar saya di atas. saya tidak merekomendasikan memakai mikroSD 4GB atau lebih. karena ternyata HP ini tidak mampu mengelola dengan baik. misalnya munculnya kasus aplikasi java tidak bisa disimpan ke memory. untuk 2GB atau kurang, semua berjalan normal.

    BalasHapus
  22. hi..aku aziz ( satriatria@yahoo.com)
    lam knl semua penggemar smart.......!
    aku dah lama pake smart e329, ada ga cara supaya kita watch youtube pake kualitas low , (biar ga putus2). soalnya di daerah kami blm masuk jaringan evdo :) he hehe ..

    BalasHapus
  23. buat bung satriatria
    maksudnya nonton youtube di HP?
    kalau di HP smart otomatis akan memainkan 3GP sehingga dijamin ringan dan lancar
    kalau di PC
    silahkan lihat pojok kanan bawah video youtube
    disitu ada pilihan fullscreen, expand, pop out, resolusi (ada angkanya misal 240, 360 dll)
    silahkan klik angka tersebut lalu pilih angka yang terkecil.
    dengan resolusi yg lebih rendah akan lebih ringan dengan kualitas gambar yang juga menurun tentunya

    BalasHapus
  24. buat bung susnodiuji.
    k-touch e329 nggak di lock,hanya cdma nya nggak dual band, dia pake cdma 1900 aja jadi ngak bisa pake cdma 800 yg digunakan operator yg lain.
    Untuk setting bluetooth modem k-touch e329 biasa aja, nggak ada tambahan yang aneh2, tapi username n passwordnya jangan diisi punya smart, soalnya yang connect pake dun itu gprs modem nya ( gsm nya ).

    BalasHapus
  25. mas smart e329 aku error, bagaimana cara mengatasinya, saat menggunakan fasilitas reset factory mode hp aku ini tidak dapat digunakan lagi

    BalasHapus
  26. coba agan search aja di mbah google.
    kali aja ketemu.
    atau barangkali ada agan agan lainnya yg tahu
    mohon share ya

    BalasHapus
  27. jadi,username n passwordnya diisi pake apa mas,selain punya smart?thanks infonya.

    BalasHapus
  28. gan.. mau tanya ni..hp e329 ga bisa terima panggilan tp kalo manggil bisa, kira2 apanya yg harus disetting? makasih sebelumnya

    BalasHapus
  29. gan.. mau tanya ni..hp e329 ga bisa terima panggilan tp kalo manggil bisa, kira2 apanya yg harus disetting? makasih sebelumnya
    kasus ini belum tahu ya?
    mungkin bisa dibantu menambah infonya
    panggilan ke nomor gsm/cdma?
    ketika dipanggil nada panggilnya seperti apa?

    BalasHapus
  30. Waa, pantes aja saya setting sampe modar ga bisa2 untuk connect GPRS via GSM.

    Mo tanya, settingan tone kita knp brobah ke default ya kalo yg nge Call kita itu Caller Groupnya "BUSINESS" ??
    gimana supaya Tone nya sesuai dgn yg kita settingan ya ?? pusing juga hehe

    BalasHapus
  31. Kalau mau GPRSan via PC (HP sebagai modem) bisa jalan2 ke sini :
    http://beritafajar.blogspot.com/2011/01/tutorial-koneksi-gprs-pada-k-touch-e329.html

    Setting Tone untuk caller groups:
    buka buku telepon
    group pemanggil
    pilih group yg ingin di custom (misal bisnis)
    pilih nada dering
    pilih nada yg diinginkan
    selesai

    BalasHapus
  32. hehe... iyaaaa. thx.
    rupanya saya kurang explorasi sm ponsel sendiri :D

    BalasHapus
  33. mas Solusi Factory Mode *#8265# (K-Touch E329) dan kode reset pengembalian awal (seperti baru lg) apa?
    Note : bukan kode ’1122′ dibagian setting nya! Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong bantu hp smart e329 aku setelah di resert 1122 bgitu di nyalakan hanya bertulisan "sentuh dimana saja untuk memulai kalibrasi layat sentuh" gimana tuh sedangkan layar sentuhnya sudah tidak berpungsi. makasih di tunggu bantuannya, jazaakumullooh bil khoiir, tolong kirimkan bantuannya ke : mutaalim_mutaalim@app.co.id

      Hapus
  34. mas Solusi Factory Mode *#8265# (K-Touch E329) dan kode reset pengembalian awal (seperti baru lg) apa? Note : bukan kode ’1122′ dibagian setting nya! Thanks
    Tolong solusinya kirim via email!

    Sentot-Solo
    sambernyowosolo@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong bantu hp smart e329 aku setelah di resert 1122 bgitu di nyalakan hanya bertulisan "sentuh dimana saja untuk memulai kalibrasi layat sentuh" gimana tuh sedangkan layar sentuhnya sudah tidak berpungsi. makasih di tunggu bantuannya, jazaakumullooh bil khoiir, tolong kirimkan bantuannya ke : mutaalim_mutaalim@app.co.id

      Hapus
  35. wah. maaf. kalau yg itu belum pernah coba. mungkin agan yg lain bisa membantu??

    BalasHapus
  36. Brow Admin Yth,
    Btw tlg share file back up e329.qcn
    Thanks

    BalasHapus
  37. mana file backup e329.qcn Brow Admin?

    BalasHapus
  38. cara restore:

    jalankan program QPST configuration


    tambahkan port COM yang dipakai buat komunikasi dengan HP k-touch e329


    jalankan software download


    pilih tab backup, tentukan nama file backup --> start


    proses backup berjalan samapai selesai


    Note:
    Selama proses ini, HP tidak dipakai untuk connect ke internet
    Program QPST bisa di download, tanya saja dengan om Google

    file e329.qcn maaf gan belum ketemu

    BalasHapus
  39. Brow Admin Yth,
    Btw kalau file backup e329.qcn nya sdh ada tolong segera di share!
    Thanks

    BalasHapus
  40. HP ini dual band. terbukti saat dipasang kartu aha keluar sinyal EVDO dan 1X, bahkan kalau diisi kartu lokal plus berfungsi normal, baik buat telpon, sms, maupun internet

    BalasHapus
  41. Mas, punya pc suite nya E329?? buat backup phone book n sms.. thanks

    BalasHapus
  42. silahkan baca2 di sini
    http://beritafajar.blogspot.com/2011/01/tutorial-koneksi-gprs-pada-k-touch-e329.html

    BalasHapus
  43. MOHON SOLUSI NYA DONK
    HAPE AKU GGA BISA BUAT SMS BAHKAN BUAT BUKA KONTAK PUN TIDAK BISA
    MOOHON SOLUSI NYA

    BalasHapus
  44. vman di Bandung
    MOHON SOLUSINYA
    hp aku smart e329
    kho yg cdma nya darurat terus iia
    mohon jawaban nya

    BalasHapus
  45. maaf belum bisa bantu. coba bawa aja ke service center di kota anda

    BalasHapus
  46. pak.. layarnya suka kemasukan debu nih, ga tau masuk dari mana.. cara bersihinnya gimana ya ? kudu dibongkar kah ?
    satu lagi, jd utk memory card kudu pake microsd yg brapa giga ? bete juga nih, nyimpen foto paling banyak 15 biji.. :((
    thanks before ^.^

    BalasHapus
  47. kalau kemasukan debu ya bongkar aja
    mikrosd sebenarnya bebas sih mau dikasih berapa, cuma ane sarankan maksimal 2G. karena lebih dari itu, HP ini gak mampu mengelola dgn baik. misalnya jadi gak bisa menjalankan java yg tersimpan di memory external

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong bantu hp smart e329 aku setelah di resert 1122 bgitu di nyalakan hanya bertulisan "sentuh dimana saja untuk memulai kalibrasi layat sentuh" gimana tuh sedangkan layar sentuhnya sudah tidak berpungsi. makasih di tunggu bantuannya, jazaakumullooh bil khoiir, tolong kirimkan bantuannya ke : mutaalim_mutaalim@app.co.id

      Hapus
  48. owww.. thanks :)
    masih ragu mo ngebongkar sendiri, kuatir ga bisa pasang kembali scra utuh..xixii..
    thanks again ^.^

    BalasHapus
  49. mo tanya.. hp k-touch tuh ga bisa pake buat baca ebook yak ? soalnya uda coba, tp di option ga da pilihan open nya :(
    thanx..

    BalasHapus
  50. Aq mau cari & beli e329 sekarang dimana ya...?
    Aq domisili di seputar surakarta.
    matur suwun....(cak hur)

    BalasHapus
  51. waduh.gak tahu om.
    tahap awal coba cari di galery smart. kali aja ada yg baru.
    punya ane juga sayang kalau dijual. susah dapat HP bagus macam ini

    BalasHapus
  52. GAN NIYIP LAPAK KALAU DA YANG MAU.ANE JUAL KTOUCH E329


    http://handphone.tokobagus.com/handphone-merek-lokal/k-touch-e329-di-jual-cod-solo-hp-modem-4050573.html?adstype=1

    BalasHapus
  53. dimohon yg laen jgn coba2 pake kode perintah khusus yg ad diatas....bisa2 HPny hrus diinstall ulang...Saya sbg contoh korbannya sendiri :/...

    BalasHapus
  54. punya sy gak ada sinyal cdmanya..
    tolong solusinya

    BalasHapus
  55. cm di reset aj gan..
    tp msh blm dapet sinyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon infonnya,hp saya E 329 klo saya mau restart atau kembali ke pengaturan awal'untuk password standart nya berapa ya?..
      sebelumnya saya ucapkan terimakasih.....

      Hapus
    2. sya juga sinyal cdmanya ilang gara" mencoba kode diatas.jadi tdk bsa pake cdma lagi deh, terpaksa ke servis senter.ada yg bsa kasih solusi.

      Hapus
    3. tolong bantu hp smart e329 aku setelah di resert 1122 bgitu di nyalakan hanya bertulisan "sentuh dimana saja untuk memulai kalibrasi layat sentuh" gimana tuh sedangkan layar sentuhnya sudah tidak berpungsi. makasih di tunggu bantuannya, jazaakumullooh bil khoiir, tolong kirimkan bantuannya ke : mutaalim_mutaalim@app.co.id

      Hapus
  56. bagaimana untuk jadikan local mode atau downloading mode sebab hp saya cuma muncul logo smart tanpa bisa ngapa-ngapain gara-gara percobaan unlock pakai qpst. thx riduwan gresik

    BalasHapus
  57. maaf saya gak paham maksudnya?
    mungkin agan lainnya bisa membantu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon infonnya,hp saya E 329 klo saya mau restart atau kembali ke pengaturan awal'untuk password standart nya berapa ya?..
      sebelumnya saya ucapkan terimakasih.....

      Hapus
  58. siapa bisa bantu nyelesain masalah saya, hp smart saya cuma menampilkan kaliberasi touch screen saat dinyalakan... sampai situ saja tidak masuk2 lagi kemenu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong bantu hp smart e329 aku setelah di resert 1122 bgitu di nyalakan hanya bertulisan "sentuh dimana saja untuk memulai kalibrasi layat sentuh" gimana tuh sedangkan layar sentuhnya sudah tidak berpungsi. makasih di tunggu bantuannya, jazaakumullooh bil khoiir, tolong kirimkan bantuannya ke : mutaalim_mutaalim@app.co.id

      Hapus
  59. http://www.forum-indoflasher.com/vbb/archive/index.php?t-347831.html

    coba masuk forum itu kali2 membantu

    BalasHapus
  60. mohon infonnya,hp saya E 329 klo saya mau restart atau kembali ke pengaturan awal'untuk password standart nya berapa ya?..
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih.....

    BalasHapus
  61. password standart buat hp ini adalah 1122
    thanks dah mampir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih...
      tapi hp e329 aq sekarang sinyal nya hilang setelah saya pakai kode riset *#8265#
      mohon infonnya (beri solusi)
      sekali lagi saya ucapkan terimakasih....

      Hapus
  62. ada yg mo jual k-touch e329 rusak ga apa2 asal touchscren msih bisa.. email ke joeardy85@yahoo.co.id

    BalasHapus
  63. mau tanya gan,
    supaya bisa nampilin privat namber im3 gimana ya?
    sering diganggu ama orang ni?
    pengin tahu siapa yg misscaall gitu?
    hp ane e329 k-touch

    BalasHapus
  64. setahuku ya gak bisa. ganggunya setiap saat, atau jam jam tertentu?
    kalau jam jam tertentu, malam misalnya. atur aja schedulnya, misal mulai jam 21 sampai jam 06 di atur silent.
    atau gunakan whitelist. hanya nomor yg terdaftar di phonebook yg bisa nelpon.
    mungkin lainya bisa bantu?

    BalasHapus
  65. tolong bantu hp smart e329 aku setelah di resert 1122 bgitu di nyalakan hanya bertulisan "sentuh dimana saja untuk memulai kalibrasi layat sentuh" gimana tuh sedangkan layar sentuhnya sudah tidak berpungsi. makasih di tunggu bantuannya, jazaakumullooh bil khoiir, tolong kirimkan bantuannya ke : mutaalim_mutaalim@app.co.id

    BalasHapus
  66. tolong bantu hp smart e329 aku setelah di resert 1122 bgitu di nyalakan hanya bertulisan "sentuh dimana saja untuk memulai kalibrasi layat sentuh" gimana tuh sedangkan layar sentuhnya sudah tidak berpungsi. makasih di tunggu bantuannya, jazaakumullooh bil khoiir, tolong kirimkan bantuannya ke : mutaalim_mutaalim@app.co.id

    BalasHapus
  67. tolong bantu hp smart e329 aku setelah di resert 1122 bgitu di nyalakan hanya bertulisan "sentuh dimana saja untuk memulai kalibrasi layat sentuh" gimana tuh sedangkan layar sentuhnya sudah tidak berpungsi. makasih di tunggu bantuannya, jazaakumullooh bil khoiir, tolong kirimkan bantuannya ke : mutaalim_mutaalim@app.co.id

    BalasHapus
  68. tolong bantu hp smart e329 aku setelah di resert 1122 bgitu di nyalakan hanya bertulisan "sentuh dimana saja untuk memulai kalibrasi layat sentuh" gimana tuh sedangkan layar sentuhnya sudah tidak berpungsi. makasih di tunggu bantuannya, jazaakumullooh bil khoiir, tolong kirimkan bantuannya ke : mutaalim_mutaalim@app.co.id

    BalasHapus